Simpun Amanah, Tanah Laut Berkah

20221205 kop lapsus 57th TALA scaled

Empat tahun sudah memimpin HM Sukamta dan Abdi Rahman selaku Bupati-Wakil Bupati Tanah Laut terus melakukan perubahan positif di Bumi ‘Tuntung Pandang’.

Menjelang satu tahun berakhirnya masa kepemimpinan sejumlah program kerja, secara langsung banyak dirasakan masyarakat manfaatnya.

Kini memasuki usia 57 tahun tepat pada 2 Desember 2022 dengan slogan ‘Simpun Amanah Tanah Laut Berkah’

pembangunan di Kabupaten Tanah Laut terus dimaksimalkan dan dilaporkan Maulidi Rizki selalu Koresponden SKH Kalimantan Post, yang bertugas di Pelaihari.

BUMDesa – Tingkatkan Pendapatan Desa dan Mampu Berdayakan Masyarakat dibawah kepemimpinan H M Sukamta potensi desa-desa yang memiliki nilai ekonomis tinggi terus digali agar mampu mendapatkan penghasilan yang nantinya mampu membantu perkembangan pembangunan dan memberikan manfaat bagi desa.

Salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang dapat menjadi salah satu alat bantu pemerintah Desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa. Selain itu BUMDesa juga dapat memberdayakan masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Dimasa jabatan yang ke empat tahun memimpin Bumi Tuntung Pandang H. M. Sukamta kini Tanah Laut sudah memiliki 123 BUMDesa dan 7 BUMDesma dan 45 BUMDesa yang telah mendapatkan sertifikat badan hukum.

Berita Lainnya
1 dari 2.646
loading...

Sukamta mengaku bangga karena BUMDesa Berkah Mulia Milik Pemerintah Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap menjadi BUMDesa terbaik I tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Selain itu salah BUMDes Berkah Mulia juga berhasil masuk kedalam kategori tujuh BUMDesa terbaik se Indonesia dan masuk penilaian ASEAN.

Menurut tokoh nomor satu di Bumi Tuntung Pandang tersebut kesuksesan yang diraih satu BUMDesa dapat ditularkan ke BUMDesa lainnya dalam bentuk kerja sama dan komitmen di BUMDESMA.

“Masing-masing desa pasti ada potensi, kelebihan dan kekurangan, melalui BUMDESMA hal itu bisa diatasi. BUMDesa jalin komitmen, misal kerja sama dengan BUMDesa Berkah Mulia, adakan pelatihan, saling bantu mengelola potensi desa, nantinya BUMDes bisa lebih mandiri dengan saling mendorong produktivitasnya,” tutur Sukamta.

Dalam pemaparan tersebut terungkap kontribusi BUMDes Berkah Mulia dalam pendapatan asli Desa Bukit Mulia dari tahun ke tahun meningkat cukup signifikan. Terdata dari laporan tahun 2019 pendapatan asli desa yang dicapai Rp 16 juta, di tahun 2020 Rp 26,5 juta dan di tahun 2021 meningkat hingga Rp 179 juta. Bupati berharap BUMDes Bukit Mulia bisa meningkatkan lagi pendapatannya tahun ini.

Tidak hanya itu saja sebagai bukti nyata dalam peningkatan pendapatan di desa Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta menerima Penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia Dr. (HC) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Mendes PDTT di Hotel Grand Padis Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan tersebut adalah Piagam dan Lencana Bakti Ekonomi Desa atas Capaian 100 persen Transformasi Pengelola Dana Bergulir Masyarakat Eks PNPM-MPd menjadi BUMDesa bersama Lembaga Keuangan Desa (LKD).

Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta mengungkapkan rasa syukurnya karena mendapat apresiasi dari Mendes PDTT.

“Alhamdulillah apresiasi ini tentu memacu semangat kita, mari kita berdayakan BUMDesa bersama untuk percepatan pembangunan di desa. Kita juga bersyukur Kabupaten Tala bebas desa tertinggal sehingga tekad kita untuk membina desa 80 persen sudah berhasil. Kita juga sudah memiliki delapan desa mandiri dan InsyaAllah nanti juga akan diberikan penghargaan oleh Mendes PDTT,” pungkasnya. (**)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya