Jelang Nataru, Tim Satgas Pangan Dan TPID Kalteng Pantau Harga Bahan Pokok dan LPG

Palangka Raya, KP – Tim Satgas Pangan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Prov. Kalteng melakukan pemantauan harga bahan pokok dan LPG di Pasar Besar Palangka Raya, Kamis (1/12/2022).

Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko saat diwawancarai Tim MMCKalteng mengatakan berdasarkan hasil pantauan lapangan, ada sedikit kenaikan harga dan stok bahan pokok aman hingga akhir Desember 2022.

“Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari keputusan Gubernur yang melaksanakan inspeksi mendadak agar harga-harga di pasaran bisa terpantau dengan baik,” ucapnya.

Jelang Nataru, Tim Satgas Pangan Bersama TPID Prov. Kalteng Kembali Pantau Harga Bahan Pokok dan LPG di Pasar Besar Palangka Raya

Tim Satgas Pangan dan TPID Prov. Kalteng melakukan pemantauan harga bahan pokok di Pasar Besar Palangka Raya

Menurut dia pemantauan ini bertujuan agar inflasi di Kalteng bisa dikendalikan dengan baik. “Untuk saat ini komoditas beras yang harus jadi perhatian utama, karena jika harga beras naik maka semua bahan pokok juga naik harganya,” jelasnya.

Yuas menambahkan, operasi pasar sebagai upaya menekan inflasi di Kalteng tetap berjalan sampai akhir tahun. “Tadi kita juga pantau harga LPG, dan harganya masih sama seperti tiga bulan lalu, tidak berubah,” imbuhnya.

Berita Lainnya
1 dari 997
loading...

Sementara, Kepala Bidang Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Mahmudah menerangkan stok persediaan bahan pokok menjelang natal dan tahun baru masih aman.

“Sidak ini dalam rangka Hari Besar Peringatan Nasional, kami berharap pedagang tersenyum, pembeli juga tersenyum,” bebernya.

Salah satu pedagang beras Zialfi mengungkapkan pihaknya telah memperbanyak stok beras untuk mendukung program Pemerintah dalam menekan inflasi di Kalteng. “Kita dagang yang penting omsetnya besar dan juga bantu masyarakat biar berkah,” katanya.

Zialfi mengakui saat ini harga beras pulen atau beras Jawa relatif stabil, sedangkan beras karau mengalami sedikit kenaikan harga. Menjelang natal dan tahun baru biasanya para pedagang sudah mempersiapkan stok, karena jika sudah dekat harinya pengiriman akan sulit dan pabrik juga banyak yang libur.

Untuk harga beras menjelang natal dan tahun baru, bisa meningkat 20-30 persen dari hari biasa.

Sebelumnya, Tim Satgas Pangan dan TPID Kalteng juga telah melakukan sidak di tiga pasar yang ada di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, yaitu Pasar Mentaya/Pusat Perbelanjaan Mentaya, Pasar Keramat, dan Pasar Malam Komplek Daerah Komando Distrik Militer (Kodim) pada Kamis (24/11) lalu.

Berdasarkan pantauan lapangan, harga bahan pokok masih stabil dan stok juga aman hingga akhir tahun 2022.

Pemantauan stok pangan itu dihadiri perwakilan Polda Kalteng, perwakilan Kantor Perum Bulog Kalteng, perwakilan PT. Pertamina, serta perwakilan Perangkat Daerah Kalteng terkait. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya