Kades di Kapuas Diingatkan Jangan Rombak Aparat Desa Tanpa Mengacu Aturan

Kuala Kapuas, KP – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Lawin, mengingatkan para kepala desa yang baru dilantik hasil Pilkades serentak, agar jangan melakukan perombakan aparat desa tanpa mengacu aturan yang berlaku.

“Penggantian perangkat desa sudah jelas regulasinya, baik SK Bupati, Perda, Permendagri, silakan mengacu ke situ,” kata Lawin, di Kuala Kapuas, Jumat (2/12).

Hal itu disampaikan legislator dari Partai Hanura ini, usai menerima kedatangan warga Desa Tamban Baru Timur, Kecamatan Tamban Catur, yang menyampaikan aspirasi terkait pengangkatan dan pemberhentian aparat desa setempat.

Berita Lainnya
1 dari 354
loading...

Dikatakannya, warga yang datang mengadu kepada dirinya tersebut, merupakan mantan aparat desa yang diberhentikan oleh Kades Tamban Baru Timur, dengan menurut mereka diduga tanpa dasar yang jelas.

Menurut Wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas IV ini, bahwa dalam aturan secara umum, memberhentikan perangkat desa adalah seperti, usia sudah 60 tahun, meninggal dunia, tersandung hukum berkekuatan keputusan hukum tetap, mengundurkan diri dan sakit permanen.

Terkait hal itu, legislator dua priode ini mengharapkan agar para kepala desa dapat benar-benar mengetahui betul serta mengerti tentang regulasi yang ada.

“Untuk itu, kami apresiasi atas aspirasi disampaikan oleh warga tersebut, kemudian kami arahkan langsung ke Asisten I Sekda Kapuas,” demikian Lawin. (Al)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya