Iklan
Iklan
Iklan
Banjarbaru

Pemko Banjarbaru Naikan Honor “Pasukan Hijau” dan “Pasukan Orange”

×

Pemko Banjarbaru Naikan Honor “Pasukan Hijau” dan “Pasukan Orange”

Sebarkan artikel ini

Banjarbaru, KP – Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan siap menaikkan honor “pasukan hijau” dan “pasukan orange” atau petugas kebersihan yang menjaga kebersihan lingkungan kota setempat.
 
Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah di Banjarbaru, Ahad mengatakan, sesuai instruksi Wali Kota M Aditya Mufti Ariffin, pihaknya siap menyusun anggaran kenaikan honor petugas kebersihan itu.
 
“Kami siap menyusun anggaran untuk kenaikan honor petugas kebersihan dan kenaikannya tidak mungkin tahun ini karena anggaran sudah berjalan sehingga baru bisa tahun depan,” ujarnya.
 
Menurut Said yang juga menjabat Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Banjarbaru, besaran kenaikan honor petugas itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.
 
Ia menyebutkan, selama ini besaran honor petugas yang bekerja di Dinas Perumahan Permukiman dan Dinas Lingkungan Hidup sebesar Rp1,25 juta per bulan dan belum ditambah uang lembur pada waktu tertentu.
 
“Jika melihat besarannya, memang belum memadai untuk menunjang kebutuhan hidup, tetapi jam kerja mereka tidak sampai 8 jam sehari sehingga bisa bekerja di tempat lain menambah pendapatan,” ucapnya.
 
Diketahui, kenaikan bagi petugas kebersihan yang jumlahnya ratusan orang itu disampaikan wali kota saat syukuran atas penghargaan Adipura tahun 2022 yang diraih Banjarbaru untuk kelima kalinya.
 
“Keberhasilan meraih Adipura ini tidak lepas dari petugas kebersihan sehingga sebagai penghargaan, kami akan menaikan honor bulanan,” ujar wali kota pada syukuran, Kamis (2/3) disambut tepuk tangan meriah.
 
Bahkan, kala itu orang nomor satu di jajaran Pemkot Banjarbaru, langsung meminta Sekda yang juga menjabat Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Said Abdullah untuk menghitung anggaran.
 
“Pak sekda sebagai Ketua TAPD, tolong perhitungan anggarannya disesuaikan kemampuan keuangan daerah. In Syaa Allah honor petugas kebersihan kita naikan tahun 2024,” sebut wali kota pada syukuran itu.
 
Petugas kebersihan yang dimintai komentarnya terkait pernyataan wali kota mengaku sangat senang dan berharap kenaikan honor itu dapat direalisasikan sehingga membantu kehidupan mereka.
 
“Alhamdulillah, kami senang dan berharap kenaikan direalisasikan tahun depan,” ucap Risma petugas kebersihan di bagian penyapu jalan pada Dinas Lingkungan Hidup sejak satu tahun yang lalu. (dev/ant/K-3)

Iklan
Iklan