Iklan
Iklan
HEADLINE

Wapres RI Dijadwalkan Hadiri Halal Food
di Pasar Wadai Ramadhan Siring Nol Km

1
×

Wapres RI Dijadwalkan Hadiri Halal Food<br>di Pasar Wadai Ramadhan Siring Nol Km

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) kembali membuka pasar wadai Ramadhan.

Ini di Jalan Jalan Sudirman, tepatnya di depan eks Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin.

Pasar wadai di lokasi ini sempat tutup dalam beberapa tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

Tahun ini kembali dibuka dan disiapkan 100 stand untuk pedagang atau pelaku UMKM.

Selain digelar Ramadar Fair, juga akan dirangkai dengan Halal Food yang rencananya dihadiri Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

“Berdasarkan data dari peguyuban pedagang.

Sampai saat ini sudah ada 92 pedagang atau UMKM yang mendaftar untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Sisanya mungkin akan diisi oleh TNI-Polri,” jelas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gt. Yanuar Rifa’i, Senin (20/3).

Dia menambahkan, pelaksanaan Ramadhan Fair nanti, juga akan diisi dengan Pasar Raya yang menjual berbagai kebutuhan pokok dan sembako dengan harga murah, dalam rangka pengendalian inflasi di Banua.

“Pelaksanaan pasar raya ini nantinya akan dikoordinasikan oleh Dinas Perdagangan Kalsel, menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Wilayah Kalsel dan dilaksanakan selama satu minggu berbarengan dengan Halal Food yakni sekitar 10 April 2023,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Pemprov Kalsel juga menggandeng seniman bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta UPT Taman Budaya untuk menampilkan hiburan.

Sperti musik religi, habsy, musik panting, madihin dan lain sebagainya selama akhir pekan di panggung utama Siring 0 Km.

Terkait dengan Halal Food Nasional, Rifai menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Safari Ramadhan Wakil Presiden RI, KH Ma’aruf Amin.

“Untuk Halal Food Nasional nanti Pemprov Kalsel bersama Bank Indonesia akan menyediakan sekitar 41 stand dan akan diisi oleh UMKM yang sudah memiliki sertifikasi halal,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Organisasi Bidang Perdagangan Kadin Kalsel, Aftahuddin, menuturkan pihaknya siap mendukung kesuksesan pelaksanaan Ramadhan Fair, Halal Food Nasional dan Pasar Raya yang diinisiasi oleh Pemprov Kalsel.

“Kami akan ikut memeriahkan dengan akan menjual kebutuhan bahan pokok mulai dari beras, gula, tepung terigu, sirup dan lainnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar,” ujarnya.

Menurut Aftah, pihaknya sudah menyiapkan 1 stand di ramadan fair dan akan beroperasi mengikuti jam operasional di sana.

Ia memastikan tidak akan membatasi jumlah pembelian.

Jika ada pedagang yang memborong tidak masalah, karena pihaknya setiap hari buka sehingga masyarakat bisa membeli langsung dengan harga yang bersaing dengan pasar.

“Intinya mereka kalau memborong mereka akan kebingunan menjual, kita setiap hari ada.

Berapapun kebutuhan stok kita cukup, tidak ada batasan orang datang Insyaallah barang ada.

Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena ini tujuannya untuk menekan inflasi di Banua,” tukasnya. (mns/K-2)