Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Target Seluruh Dewan Kalsel Miliki KTP Digital

×

Target Seluruh Dewan Kalsel Miliki KTP Digital

Sebarkan artikel ini
PEREKAMAN DATA – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK didampingi Ketua Komisi I Hj Rachmah Norlias melakukan perekaman data untuk KTP elektronik, Selasa (2/5). (ist)

Banjarmasin, KP – DPRD Kalsel mendukung penerapan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik (KTP-el), mengingat masih banyak masyarakat yang belum memiliki KTP digital di handphonenya.

“Kita harapkan target pemerintah dan masyarakat 50 persen, atau sekitar 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital,” kata Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK.

Android

Hal tersebut diungkapkannya saat proses perekaman KTP elektronik yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin di lobi lantai 2 Gedung A DPRD Kalsel, Selasa (2/5).

Supian HK didampingi Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Hj Rachmah Norlias menjadi yang pertama melakukan perekaman data KTP elektronik yang bisa diakses melalui handphone.

Supian HK mengungkapkan, penerapan KTP elektronik merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat serta mendukung akurasi terbangunnya database kependudukan di kabupaten/kota, provinsi maupun secara nasional.

Jika ada kendala jaringan, pengiriman hasil perekaman KTP elektronik tidak sempurna.

“Kita targetkan seluruh anggota DPRD Kalsel serta staf pegawai di Sekratariat DPRD bisa melakukan perekaman data kependudukan ini,” tambah politisi Partai Golkar.

Sementara itu, Hj Rachmah Norlias mengapreasi Disdukcapil Kota Banjarmasin dalam program KTP elektronik, yang langsung menyasar kantor pemerintahan dan tempat umum.

“Kita apresiasi langkah Disdukcapil untuk mencapai target program KTP elektronik, dengan menyasar kantor pemerintahan dan tempat umum,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN).

Bahkan optimis langkah yang diambil ini dapat mencapai target yang ditetapkan pemerintah untuk menyediakan database kependudukan yang akurat.

“Kita akan dukung program KTP elektronik ini dengan melakukan sosialisasi Perda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, yang juga mengundang Disdukcapil setempat, khususnya Kota Banjarmasin,” ujar Rachmah Norlias.

Hal ini agar bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman data, sekaligus pembuatan KTP elektronik yang kini bisa diakses secara digital.

Baca Juga:  Pelayat Berdatangan Hingga Penuhi Rumah Duka Guru Zuhdi

“Ini akan memudahkan masyarakat untuk berurusan, mengingat tersedianya data melalui KTP elektronik, yang dapat diakses melalui telepon selular,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel I, yakni Kota Banjarmasin. (lyn/K-2)

Iklan
Iklan