Tuntas Parpol Daftarkan di KPU Kalsel
Delapan Bacaleg dari Gelora tak Terbaca di Silon

Ini hingga menjelang penutupan pendaftaran pukul 22.52 Wita.

BANJARMASIN, KP – Tuntas akhirnya 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel.

Ini menjelang penutupan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) pada Minggu (14/5) pukul 22.52 Wita.

Sebelumnya pada Sabtu (13/5) sudah 10 parpol mendaftarkan bacaleg yakni PAN, PPP, PKB, Demokrat, Gerindra, Golkar, PBB, NasDem, PDI Perjuangan dan PKS.

Batas waktu itu pula, membuat suasana di KPU Kalsel semakin ramai.

Mengingat saat-saat itu, tiga parpol terakhir, yakni Partai Gelora, Partai Buruh dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) datang pada waktu yang hampir bersamaan.

Terhitung sejak tadi pagi, sejumlah parpol melakukan pendaftaran.

Dimulai dari Partai Hanura, dilanjutkan dengan Partai Ummat, Partai Perindo, PSI, Partai Garuda, dan Partai Gelora.

Partai Gelora melakukan pendaftaran pada Minggu malam sekitar pukul 20.00 Wita, setelah sebelumnya sempat menunda kedatangan pada hari Jumat dan Sabtu lalu, karena gangguan data Silon partai.

“Kita sudah mendaftarkan bakal caleg partai, dan Alhamdulilah sudah dinyatakan lengkap dan diterima KPU,” kata Ketua DPW Partai Gelora Kalsel, H Riswandi.

Berita Lainnya
1 dari 3,069

Disusul Partai Partai Buruh pada pukul 22.00 Wita yang diantar Ketua Partai Buruh Kalsel, Yoeyoen Indharto yang mengenakan baju orange dan caleg partai yang didominasi kaum buruh.

“Kita bertekad untuk memperjuangkan nasib buruh di parlemen,” katanya, dengan target perolehan suara di basis Partai Buruh di dapil Banjarmasin, Tanah Bumbu dan Kotabaru, serta Tabalong.

Sedangkan Partai Kebangkitan Nasional (PKN) pada pukul 22.55 Wita, sebagai penutup pendaftaran bacaleg.

Sebelumnya, pendaftaran bacaleg dilakukan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Perindo, Garuda dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Kita hanya mendaftarkan 18 bacaleg potensial di tujuh daerah pemilihan,” kata Ketua DPD Partai Hanura Kalsel, H Abdul Munasib Halike.

Meskipun tidak mengisi penuh kuotanya, tapi yang diusulkan adalah kader potensial yang diyakini akan memberikan raihan suara optimal.

Tak Terbaca

Sebelum itu, dari 55 bacaleg yang diajukan Partai Gelora Kalsel, 8 orang yang tak terbaca di Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

“Setelah dilakukan sinkronisasi data, 8 bakal caleg tak masuk Silon,” ucap Riswandi.

Riswandi mengakui parpolnya mendaftarkan 47 bacaleg untuk selanjutnya dilakukan verifikasi oleh KPU Kalsel. (lyn/*/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya