Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATapin

Pengarusutamaan Gender Tapin di Verifikasi Lapangan Kementrian PPPA RI 

×

Pengarusutamaan Gender Tapin di Verifikasi Lapangan Kementrian PPPA RI 

Sebarkan artikel ini
KEGIATAN - Tim Kementrian PPPA RI melakukan Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarustamaan Gender di Kabupaten Tapin. (KP/Abdillah)

Rantau, KalimantanPost.com – Pemerintah Kabupaten Tapin kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG)  dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan
Perlindungan Anak Republik Indonesia  (PPPA RI) bertempat Aula Tamasa Kantor Bupati Tapin, Jumat (10/11/2023) kemarin.

Tim Verifikasi Lapangan Kementrian PPPA RI selaku Koordinator  Asisten Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementrian PPPA RI Dr Dra Dewa Ayu Laksmiadi Janaprtliati MPar bersama Analis Kebijakan Ahli Madya Kesetaraan Gender Kementerian PPPA RI Davip Arya Bhima dan anggota Lainnya disambut oleh Penjabat Bupati Tapin yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Tapin Fiqri Irmawan, Kepala Bappelitbang Meidy Haris Prayoga dan Kepala DP3A Tapin Hj Lailian Noor.

Kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender oleh Kementrian PPPA RI ini untuk memastikan benar adanya pelaksanaan kebijakan Pengarusutamaan Gender terintegrasi dengan baik yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Tapin. Program-program apa saja yang sudah diimplementasikan.

Pj Bupati Tapin dalam sambutannya diwakili Asisten Administrasi Umum Fiqri Irmawan mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG Kementrian PPPA RI di Kabupaten Tapin.

“Mudahan dengan kedatangan Tim langsung kedaerah dapat menjadikan Pengarusutamaan Gender di Tapin menjadi lebih baik,” ucapnya.

Lanjutnya kami pemerintah Kabupaten Tapin tentunya telah siap untuk dievaluasi lapangan, untuk mendapatkan level yang tinggi yakni kategori level utama.

Berharap dengan di evaluasi oleh tim Kementrian PPPA RI dapat dijadikan moment untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan Evaluasi Kedepan agar PUG di Tapin bisa lebih baik, bisa untuk memberikan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang sama antara perempuan dan laki-laki di semua bidang Kabupaten Tapin.

Sementara Kepala DP3A Tapin Hj Lailian Noor mengatakan, saat ini pemerintah Kabupaten Tapin kedatangan dari Kementrian PPPA RI untuk melakukan verifikasi lapangan Evaluasi PUG.

Baca Juga:  Tapin Siapkan Semua Sekolah Menjadi Ramah Anak

“Dalam verifikasi lapangan terlebih dahulu dilakukan pertemuan langsung antara Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG Kementrian PPPA RI dengan pemerintah Kabupaten Tapin terkait Pengarustamaan Gender di Tapin,” jelasnya.

Evaluasi ini dilakukan dalam rangka menilai sampai sejauh mana upaya pemerintah Kabupaten Tapin dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin.

Melalui evaluasi PUG ini diharapkan kita bisa lebih mengkoordinasikan dan mengsingkronisasikan program dan kegiatan yang telah berjalan selama ini,  khususnya program dan kegiatan pada tahun 2021 dan 2022 serta tahun 2023.

“Mari kita bersama-sama mendengarkan apa yang nantinya akan disampaikan oleh Tim Kementrian PPPA RI, baik saran dan masukannya untuk bisa ditindaklanjuti,” ujarnya.

Sementara hasil dari evaluasi ini, sebagai bentuk pengakuan serta apresiasi atas komitmen dan peran pemerintah daerah akan diberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan tingkatan mulai dari Pratama, madya, Utama dan paling tinggi adalah mentor.

Untuk diketahui bahwa Kabupaten Tapin berada pada posisi level Madya Anugerah Parahita Ekapraya untuk Pengarustamaan gender, dengan evaluasi ini setidaknya  bisa naik tingkat ke level utama.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala SOPD Lingkungan Pemkab Tapin, instansi vertikal dan pihak swasta. (abd/K-6)

Iklan
Iklan