Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Siswa SMA dan SMK Antusias Mengikuti Workshop Pemrograman Robotik Dasar Prodi D3 Teknik Informatika Poliban

×

Siswa SMA dan SMK Antusias Mengikuti Workshop Pemrograman Robotik Dasar Prodi D3 Teknik Informatika Poliban

Sebarkan artikel ini
Siswa siswi SMK, SMA dan MA bisa mencoba langsung alat yang dipamerkan diacara workshop pemrograman robotik dasar Prodi D3 Teknik Informatika Poliban(Kalimantanpost.com/Repro Politeknik Banjarmasin).

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Kegiatan menarik disuguhkan dalam Workshop Peningkatan Brand Value Program Studi D-3 Teknik Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin, Sabtu (18/11/2023).

Diantara kegiatan lanjutan Workshop, meliputi; Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan industri ArutalaLab yang diwakili Ani Rahmani via daring dan Startup Borneo Berjaya oleh Ketua Yayasan Startup Borneo Berjaya, Riza Akhyari secara luring. Kemudian dilanjutkan dengan Workshop Pemrograman Robotik Proggramming Makeblock Dasar dan Mini Expo.

Tentunya kegiatan ini sangat diapresiasi pimpinan Poliban, Joni Riadi, hal ini dituturkan oleh Rahimi Fitri, Ketua Program Studi D3 Teknik Informatika,

“Bapak direktur sangat mengapresiasi kegiatan Workshop ini karena ini juga merupakan usaha program studi untuk menjadi prodi yang unggul,” terang Rahimi Fitri, Sabtu (18/11).

Kegiatan Workhsop diselenggarakan ini merupakan salah satu program dari kegiatan Competitive Fund (CF).

“Hari kedua ini meriah ya, karena dihadiri perwakilan beberapa sekolah tingkat SMA, SMK dan MA di Kalsel. Ada dari SMK Isfi Banjarmasin, SMKN 1 Gambut, SMAN 2 Banjarmasin, SMKN 2 Banjarmasin, SMKN 4 Banjarmasin, SMKN 5 Banjarmasin, SMKN 2 Pelaihari, SMKM 3 Banjarmasin serta SMKN 1 Martapura, SMKN 1 Pelaihari, MA Alfurqan Banjarmasin,” tandasnya.

Hari ini, lanjut dia, juga mengajarkan mereka membuat pemrograman robotik menggunakan robot MBOT dari MBlock yang dipandu oleh Agus Setiyo Budi Nugroho, Wanvy Arifha Saputra da Yusuf.

Rahimi berharap, Workshop ini bisa menambah kolaborasi dengan industri dan kolaborasi dengan sekolah menengah kejuruan, karena industri merupakan pengguna lulusan dan SMK menjadi input untuk calon mahasiswa bagi program studi serta memperkenalkan program program yang ada di prodi. Ini menambah animo pendaftar.

Senada dengan Rahimi Fitri, Ketua Program Competitive Fund Kun Nursyaiful Priyo Pamungkas mengharapkan kegiatan Workshop bisa menjadi perantara agar Poliban bisa dikenal oleh masyarakat luas dan lulusan Poliban bisa dinilai Competitive bagi dunia usaha dan industri.

Baca Juga:  Diapresiasi BPK, Pemprov Kalsel Raih 9 Kali WTP Berturut-Turut

Para siswa dan siswi sangat antusias mengikuti kegiatan, terlebih ada Mini Expo yang diikuti oleh program studi D3 TI, D4 SIKC, D3 Elektronika dan D3 MI yang sukses mencuri perhatian siswa dan siswi kelas 12 yang berhadir.

Seperti yang dirasakan oleh Rafi Fadillah, Siswa SMKN 4 Banjarmasin. “Sangat menginspirasi, menambah wawasan saya dalam hal robotik, dan juga sosialisasi program Bootcamp yang dilaksanakan oleh ArutalaLab. Itu menginspirasi saya untuk belajar programming lebih banyak,” tutup Rafi.

Pada Mini Expo ini, selain booth Prodi D3 Teknik Informatika juga terdapat booth prodi D4 SIKC, D3 Manajemen Informatika dan D3 Elektronika.

Rangkaian kegiatan workshop peningkatan brand value D3 Teknik Informatika ini akan ditutup pada hari Minggu (19/11) dengan kegiatan berupa presentasi hasil diskusi progres 1 penyusunan draft kurikulum prodi berbasis OBE. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan