Tingkatkan Barang dan Jasa UMKM Lokal dan Ekonomi Kreatif, Komisi I Sambangi Setda DIY

YOGJAKARTA, Kalimantanpost.com – Guna meningkatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Lokal dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Komisi I DPRD Provinsi Kalsel bersama Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Kalsel kunjungi Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi D.I Yogyakarta.

Ketua Komisi I DPRD Prov. Kalsel Hj. Rachmah Norlias dalam kunjungan yang dilaksanakan pada hari senin 18 Desember 2023 tersebut mengatakan bahwasanya D.I. Yogyakarta telah melakukan beberapa strategi dalam peningkatan UMKM Lokal, seperti melalui aplikasi e-katalog.

“Didasari praturan daerah pengembangan UMKM di D.I. Yogyakarta ini sudah difasilitasi melalui e-katalog,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Prov. Kalsel Dr Rahmaddin MY, A.Ks., M.Si mengatakan dirinya akan membawa konsep seperti yang ada di DIY

“Kenapa ini penting, karena DIY sudah melaksanakan optimalisasi pengembangan produk dalam negeri, melalui peraturan daerah. Dan nantinya kita akan membawa konsep ini ke provinsi kalimantan selatan,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 81

Rahmaddin juga meminta dukungan DPRD Provinsi Kalsel, supaya seluruh UMKM yang ada di Prov. Kalsel masuk ke e-katalog, sehingga dapat menumbuhkan ekonomi kalsel secara signifikan.

“Agar kedepannya, seluruh UMKM yang ada di Prov. Kalsel bisa kita naikkan posisi menjadi penyedia, khususnya di e-katalog agar terjadi pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan untuk pemenuhan usaha mikro kecil, menengah dan komersil.”

Suedy, S.Sos., M.P.A Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa menerangkan setiap seminggu dua kali, bersama koperasi mengadakan semacam pembinaan kepada UMKM lokal supaya mengawal bagaimana melakukan belanja melalui daring.

“Di DIY E-katalog lokal itu ada tiga puluh lima etalase dan untuk produk tayangnya ada kurang lebih enam belas ribu sementara untuk penyediaan tayang ada sekitar delapan ratus,” terangnya.(Nau/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya