Iklan
Iklan
Iklan
HUKUM & PERISTIWA

Gara-Gara Jamban, Kades Astambul Kota Divonis 1 Tahun 9 Bulan

×

Gara-Gara Jamban, Kades Astambul Kota Divonis 1 Tahun 9 Bulan

Sebarkan artikel ini
Dua terdakwa kasus korupsi proyek pengadaan 50 bilik jamban alias WC di Desa Astambul Kota, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar dalam di pengadilan, Senin (18/3/2024). (Kalimantanpost.com/hid)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Dua terdakwa kasus korupsi proyek pengadaan 50 bilik jamban alias WC di Desa Astambul Kota, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, masing masing terdakwa Sapuani, Kepala Desa (Kades) Astambul Kota diganjar penjara selama setahun dan sembilan bulan.

Selain itu terdakwa juga dibebani membayar denda Rp50 juta subsdiair tiga bulan.
Vonis uini disampaikan majelis hakim Tindak Pidana Korupsi Banjarmasin, pada sidang lanjutan di pengadilan tersebut, Senin (18/3/2024) dengan majelis hakim yang dipimpin hakim Yusriansyah.

Android

Terdakwa kedua, Bahrinoor selaku salah satu Kepala Urusan di Kelurahan diganjar setahun dan tiga bulan serta denda Rp50 juta subsidair selama tiga bulan.

Keduanya oleh majelis hakim diwajibkan masing-masing membayar uang pengganti sebesar Rp85 juta. Bila Sapuani tidak dapat membayar, kurungannya bertambah 10 bulan, sedangkan Bahrinoor kurungan bertambah 9 bulan.

Kedua menurut majelis melanggar pasal pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 KUHP, hal ini sama dengan tuntutuan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Setyo Wahyu dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar.

Dalam tuntutannya JPU menuntut Sapuani selama 2 tahun penjara serta denda dan Rp50 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Mantan Kades Astambul Kota juga dituntut untuk membayar uang pengganti kerugian negara setara dengan nominal yang telah dinikmatinya yaitu sebesar Rp155 juta. Dengan ketentuan, apabila uang pengganti tersebut tidak dibayar maka diganti dengan 1 tahun penjara.

Sementara terdakwa Bahrinoor yang menjabat Kaur Keuangan Desa Astambul Kota dituntut setahun dan sembilan bulan dan dendaRp50 juta subsidair 3 bulan kurungan. Sedangkan uang pengganti kerugian negara dengan nominal setara dengan yang dinikmatinya yaitu Rp14,9 juta. Dengan ketentuan apabila uang pengganti tidak dibayar kaka hartanyadi lelng atau diganti dengan 11 bulan kurungan penjara.(hid/KPO-3)

Baca Juga:  Rumah Wadir Krimsus Nyaris Kebakaran

Iklan
Iklan