Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Wagub Kalteng Edy Pratowo Sebut Pentingnya Pelatihan Juru Sembelih Halal

×

Wagub Kalteng Edy Pratowo Sebut Pentingnya Pelatihan Juru Sembelih Halal

Sebarkan artikel ini
Pengukuhan DPW Juru Sembelih Halal se Kalteng. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo membuka secara resmi Pelatihan Juru Sembelih Halal se-Kalteng, bertempat di Masjid Darut Taqwa Kalampangan dan RPH Kalampangan Palangka Raya, Minggu (28/4/2024).

Kegiatan dirangkai sekaligus dengan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Juru Sembelih Halal (Juleha) Kalteng Periode 2024 – 2029 oleh Ketua Umum DPP Juleha Indonesia ustadz M Ali Subarkah.

Wagub H Edy Pratowo mengapresiasi atas terlaksana kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya dalam mempersiapkan dan membekali diri dengan kajian-kajian sembelihan halal, serta memantapkan peran organisasi juru sembelih halal di Kalteng.

“Penyembelihan menaruh peran penting dari proses tersajinya daging di meja makan. Karena penyembelihan menjadi salah satu faktor pemenuhan kriteria halal serta titik kritis dalam menghasilkan daging yang halal dan thoyyib,” ujarnya.

Dengan meningkatnya tuntutan di masyarakat akan ketersediaan pangan halal, legalitas profesi sebagai juru sembelih halal sangatlah diperlukan, sehingga kehalalan daging dari hewan yang disembelih dapat terjamin,” ujarnya.

Wagub mengemukakan, menjelang Idul Qurban 1445 H, masyarakat tentu sangat membutuhkan juru sembelih yang nantinya dapat menerapkan tata cara dan etika penyembelihan hewan qurban yang baik dan benar dengan memperhatikan aspek kehalalan dan aspek kesejahteraan hewan.

Dijelaskannya, peran Juru Sembelih Halal (Juleha) tidak hanya terkait proses penyembelihan hewan ternak sesuai syariat Islam. Proses tersebut, juga mempunyai pengaruh atau peran penting terhadap peningkatan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya makanan berbahan baku daging.

Melalui uji kompetensi Juleha diharapkan tidak hanya mencetak para juru sembelih, namun juga mendorong sertifikasi makanan berbahan daging yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

Wagub Kalteng juga menyampaikan selamat kepada Pengurus Juru Sembelih Halal Kalteng periode 2024 – 2029 yang dilantik. Ia berpesan, agar para pengurus yang dilantik dapat mengemban amanah dengan kesungguhan hati dan kerja keras dalam meningkatkan peran nyata organisasi ditengah-tengah masyarakat khususnya di Kalteng.

Baca Juga:  KKR dan UPR Gelar MoU

Berdasarkan Susunan Dewan Pimpinan Wilayah Juru Sembelih Halal Kalteng periode tahun 2024-2029, selalu Pembina yakni Kanwil Kementerian Agama Kalteng, MUI Kalteng dan Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah Kalteng.

Ketua DPW Juleha Kalteng Periode 2024- 2029 yakni Nanah Fahrurrazi, Wakil Ketua Zaidin, Sekretaris ustadz Arifin, Wakil Sekretaris Muhammad Anshar dan Bendahara Zainal Arifin.

Hadir pada agenda tersebut Asisten Administrasi Umum (Adum) Setda Prov. Kalteng Sri Suwanto, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Kalteng H Tuaini sekaligus Ketua Satgas Halal Kalteng mewakili Kakanwil Kemenag Kalteng, Perwakilan MUI Kalteng, Ketua Baznas Kalteng Mustain Khaitami, Perwakilan Dewan Masjid Nasional Kalteng, serta Perwakilan dari OPD terkait dan peserta Pelatihan. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan