Iklan
Iklan
Iklan
Palangka Raya

40 Peserta Ikuti Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara Tingkat Kalteng

×

40 Peserta Ikuti Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara Tingkat Kalteng

Sebarkan artikel ini
Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Kalteng, di Palangka Raya. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Sebanyak 40 peserta mengikuti Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tingkat Kalteng, di Palangka Raya yang dibuka Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Prov Kalteng Herson B Aden mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Selasa (30/4/2024).

Sekda Kalteng melalui Herson mengemukakan PPAN bukan sekadar sebuah program, namun merupakan investasi berharga bagi masa depan.

Melalui pertukaran ini, generasi muda dapat memiliki kesempatan untuk belajar, berbagi, dan memahami budaya serta nilai-nilai yang berbeda. Hal ini tidak hanya memperkaya pengalaman secara pribadi, tetapi juga memperkuat hubungan antar negara di masa mendatang.

Dikemukakannya, program Pertukaran Pemuda Antar Negara dirancang oleh pemerintah untuk memfasilitasi pertukaran budaya, pengetahuan, dan pengalaman antara pemuda dari berbagai negara.

“Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan pemahaman lintas budaya, memperkuat hubungan antar bangsa, dan membantu membangun jaringan global yang kuat melalui generasi muda sebagai penerus estafet kepemimpinan bangsa kita”, imbuhnya.

Program PPAN merupakan bagian dari ikhtiar pemerintah untuk meningkatkan kerjasama internasional melalui generasi mudanya. Dengan adanya program PPAN, pemerintah ingin memberikan pengalaman kepada para pemuda terpilih, sehingga mampu membangun jejaring internasional yang kuat di antara pemuda dari berbagai negara.

Melalui seleksi PPAN Tingkat Kalteng yang dilaksanakan, diharapkan kegiatan ini tidak hanya berhenti sebagai ajang perekrutan pemuda terbaik, tetapi juga dimanfaatkan sebagai sarana kolaborasi antar pemuda, sarana untuk saling memperkenalkan diri dan menambah jejaring pertemanan.

“Melalui kesempatan yang baik ini, saya ingin mendorong mari bersama-sama kita bangun generasi muda Kalimantan Tengah yang siap menghadapi perubahan zaman dengan segala tuntutan permasalahannya. Untuk itu diharapkan agar semua pihak saling bersinergi,” tandasnya.

Baca Juga:  Sebanyak 900 ASN Pemprov Kalteng Ikuti Deteksi Dini Pengukuran Kebugaran Jasmani dan Skrining Kesehatan Jiwa

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Tirta mewakili Kepala Dinas mewakili Kepemudaan dan Olahraga Kalteng mengatakan kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2024 bertujuan untuk mendapatkan calon-calon yang berkualitas untuk mengikuti kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Negara utusan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 yang berjumlah satu orang yaitu untuk SSEAYP sebanyak satu orang laki-laki serta melakukan seleksi yang terbuka dan transparan.

“Sehingga setiap pemuda di Kalimantan Tengah mendapat kesempatan dan peluang yang sama untuk mengikuti seleksi tersebut,” katanya.

Sasaran Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2024 adalah para Pemuda usia 20-30 tahun SSEAYP satu orang laki-laki yang mana para peserta adalah peserta yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kemeterian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Metode yang digunakan dalam seleksi itu tes kelengkapan administrasi, tes tertulis, wawancara, praktek dan penugasan. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 40 orang.

Hadir pada agenda tersebut Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Kalteng terkait, Dewan Juri, Para alumni Pertukaran Pemuda Antar Provinsi yang terhimpun di dalam Purna Prakarya Muda Indonesia serta para peserta seleksi.(drt/KPO-3)

Iklan
Iklan