Iklan
Iklan
Iklan
HUKUM & PERISTIWA

Kirim Bukti Transfer Palsu, RUS Asal Murung Pudak Tabalong Dilaporkan ke Polisi

×

Kirim Bukti Transfer Palsu, RUS Asal Murung Pudak Tabalong Dilaporkan ke Polisi

Sebarkan artikel ini
Tersangka RUS. (Kalimantanpost.com/Repro Polres Tabalong)

TANJUNG, Kalimantanpost.com – Kepala Satuan Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Tabalong yang IPTU Galih Putra Wiratama, S.Tr.K SIK, bersama anggotanya mengamankan seorang perempuan berinisial RUS (40) warga Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong pada Kamis (2/5/2024) siang di kediamannya.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian SIK MH, melalui PS.Kasi Humas IPTU Joko Sutrisno menjelaskan pelaku RUS diamankan usai adanya laporan dari korban perempuan berinisial RM (52) warga Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong yang keberatan karena sudah merasa ditipu oleh RUS.

Berawal pada awal Juli hingga Nopember 2023, korban menyerahkan dana sebesar Rp103 juta secara bertahap kepada pelaku untuk permodalan usaha pakaian dengan perjanjian pengembalian diangsur sebesar Rp5 juta dan pembagian hasil usaha sebesar Rp1 juta.

Selama rentang waktu tersebut pelaku ada 10 kali mengirim dana kepada korban dengan nominal antara Rp250 ribu, hingga Rp4 juta dengan menggunakan aplikasi Mobile Banking.

Namun pada bulan Nopember 2023, korban yang melihat ada kejanggalan pada rekeningnya, kemudian mendatangi kantor Bank dan mencetak rekening koran, terlihat bukti pengiriman yang dikirimkan oleh pelaku tidak sesuai nominalnya dengan hasil cetak rekening koran.

Hal tersebut menguatkan dugaan korban telah ditipu oleh pelaku dengan cara menyunting nominal dana yang dikirimkan.

Mengetahui hal tersebut korban merasa keberatan telah dirugikan sekitar Rp100 juta dan melaporkan ke Polres Tabalong.

Ketika akan diamankankan pelaku RUS mengakui semua perbuatannya dan saat ini sudah diamankan di Polres Tabalong untuk menjalani proses hukum serta turut disita barang bukti berupa 1 lembar KTP An. pelaku RUS, 1 buah buku Tabungan dan 9 foto bukti tranfer yang telah disunting. (ros/KPO-3)

Baca Juga:  TO Shabu Dihentikan di Jalan

Iklan
Iklan