Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Martapura

Mahasiswa ULM Bikin Masakan Cegah Stunting

×

Mahasiswa ULM Bikin Masakan Cegah Stunting

Sebarkan artikel ini

Martapura, KP – Mahasiswa PKM PM 2024 ULM, Tim Kelompok Pemakuan, Kecamatan Sungai Tabuk, menggelar edukasi stunting dan praktek memasak ikan seluang dan sagu, (02/02/2024) kemarin.

“Sosialisasi ini ditujukan khusus ibu kader, ibu PKK, ibu hamil dan ibu dengan anak pra stunting, dengan harapan meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang tua tentang pentingnya menjaga kesehatan anak dan mencegah stunting,” kata Ketua Kelompok Hartati (PSKM 22), Kamis (06/06/2024).

Mengingat rendahnya nafsu makan anak-anak di desa ini, lanjutnya, kurangnya kesadaran ibu-ibu memperhatikan gizi makanan, pihaknya tertarik menjadikan kegiatan ini edukasi dan praktik memasak ikan seluang dan sagu, sebagai program unggulan.

Mereka mengonsep kegiatan, tidak hanya berupa materi bahaya stunting dan pencegahannya, namun turut mempraktekkan langsung menu makanan bergizi yang berasal dari pangan lokal dengan bahan utama seluang dan sagu.

“Kebetulan tim kami sudah dilatih ahli gizi profesional,” tambah Nanda (PSKM) selaku penanggung jawab kegiatan.

Kelompok tersebut juga membuat resep nugget SASUKE (seluang sagu kelor). Termasuk camilan sehat sendiri dengan menyesuaikan kemampuan warga desa tersebut. Mereka memperhatikan keterjangkauan harga bahan-bahan yang diperlukan serta kesederhanaan alat-alat digunakan.

“Meski dengan bahan dan alat sederhana, kami tetap memperhatikan makanan kaya gizi,” sambungnya.

Praktik memasak sendiri dilakukan lewat persiapan matang, dengan dosen pendamping dan ahli gizi. Menu tersebut dapat menggantikan segala bentuk makanan instan yang diberikan kepada anak, terutama anak pra stunting. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Dinkes Banjar Buka Lowongan Nakes Untuk Tempat Karantina
Iklan