Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarmasinLensa BanjarmasinTRI BANJAR

Semangat Persatuan Warnai Peringatan Hari Lahir Pancasila di Banjarmasin

×

Semangat Persatuan Warnai Peringatan Hari Lahir Pancasila di Banjarmasin

Sebarkan artikel ini
HARI LAHIR PANCASILA - Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor, Sekdako Banjarmasin Ikhsan Budiman, unsur Forkopimda, sejumlah Kepala SKPD serta jajaran terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin foto bersama usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. (DISKOMINFOTIK)

BANJARMASIN, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin meenggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, di Halaman Balaikota Banjarmasin, Sabtu (01/06/24).

Upacara tersebut dipimpin Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor, turut hadir Sekdako Banjarmasin Ikhsan Budiman, unsur Forkopimda, sejumlah Kepala SKPD serta jajaran terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Dalam amanatnya, H Arifin Noor mengatakan tema Hari Lahir Pancasila pada tahun 2024 kali ini bermakna Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa, “Dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” katanya.

Ia menyampaikan, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi dan rasa bergotong-royong, khususnya di jajaran Pemerintahan Kota Banjarmasin.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak Pemerintah Kota untuk bahu membahu membumikan nilai Pancasila ke dalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya lagi.

Arifin Noor menjelaskan, Pancasila terbukti mampu menjadi pemersatu dalam menghadapi gelombang tantangan dan ujian, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi,” jelasnya.

Dirinya berharap, Pancasila dapat menjadi penyaring agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa mendatang, terutama dalam pesatnya kemajuan teknologi dan informasi.

“Agar penggunaan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui berbagai media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif,” pesan dia.

“Semoga peringatan hari lahir pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa dikancah dunia,” pungkasnya. (nau/KPO-1)

Iklan
Baca Juga:  Komisi III DPRD Kalteng Kunjungi Dispersip Kalsel
Iklan