Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMI

Tips Merawat Motor agar Tetap Aman dan Nyaman saat Dikendarai

×

Tips Merawat Motor agar Tetap Aman dan Nyaman saat Dikendarai

Sebarkan artikel ini
AMAN dan NYAMAN - Foto ilustrasi mengendarai sepeda motor dengan aman dan nyaman. (Dok. Trio Motor/Kalimantanpost.com)

Ada beberapa tips yang harus dilakukan agar motor kita selalu tetap dalam kondisi terawat, aman dan nyaman saat dikendarai. Berikut tips yang diberikan oleh Trio Motor :

  1. Rutin Memanaskan Motor.
    Rutin memanaskan mesin motor setidaknya sekali setiap hari (3-5 menit), dengan melakukan kebiasaan tersebut sudah banyak terbukti dapat menambah umur motor kita loh.
    Dengan memanaskan motor, hal itu dapat menjaga motor agar suhu mesin tidak
    lembab, selain itu juga membantu oli untuk selalu melumasi bagian dalam mesin motor.
  2. Rutin Membersihkan dan Mencuci Motor.
    Terkadang banyak orang yang menyepelekan untuk mencuci motor, mungkin dengan alasan “Ah, tidak masalah kotor, yang penting masih bisa dipakai” atau alasan-alasan yang lainnya.
    Namun sebenarnya mencuci motor dengan teratur sebenarnya sangat membantu ketahanan kondisi mesin dan part dari motor supaya awet. Dengan mencuci motor secara rutin kita bisa menghindari kerak kotoran pada komponen motor yang mungkin bisa menyebabkan performa motor kita menurun atau bahkan rusak.
    Contoh kecilnya adalah ketika motor kita terkena air hujan yang memiliki sifat korosif. Ketika motor kita terkena air hujan, lalu dibiarkan saja tidak dilap sampai kering atau tidak dicuci hal tersebut akan menyebabkan komponen pada motor kita cepat berkarat, sehingga motor kita akan cepat rusak.
  3. Rutin Mengganti Oli Motor.
    Mengganti oli secara teratur merupakan salah satu hal paling penting dalam
    merawat motor supaya tetap nyaman dikendarai dan awet, sehingga kita perlu
    melakukan penggantian oli pada motor secara rutin (umumnya bisa kita ganti setiap 1 bulan sekali atau sesuai jarak tempuh yang dianjurkan pada oli tersebut, misalnya setiap 2.500 KM sekali).
    Ini karena oli memiliki fungsi penting sebagai pelumas untuk melindungi mesin motor dari gesekan yang terjadi ketika motor kita berjalan, contoh kecilnya saja gesekan rantai.
    Jika oli sudah jelek, mesin pada motor tidak akan bisa berjalan dengan baik, bahkan akan terasa tidak nyaman ketika dikendarai.
  4. Hindari Bensin Motor Sampai Kering.
    Sebagian orang pasti pernah mengalami kehabisan bensin ketika diperjalanan, hal
    seperti itu terasa sangat menjengkelkan. Selain ribet untuk mengisinya kembali,
    kehabisan bensin ternyata bisa merusak mesin motor, terutama pada mesin motor
    yang sudah injeksi.
    Tangki bensin yang kering dapat menyebabkan pompa bensin panas karena pompa
    bensin akan memaksakan melakukan distribusi bahan bakar dari tangki yang kosong ke mesin.
    Jika hal tersebut terjadi secara berulang, tentu saja akan menyebabkan overheat
    pada pompa bensin, bahkan kerusakan pada komponen yang lain karena secara
    tidak langsung akan terpengaruh juga.
  5. Cek Tekanan Ban Motor Secara Berkala.
    Tingkat kekerasan pada tekanan ban motor sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, motor tidak akan terasa nyaman jika tekanan ban terlalu keras ataupun sebaliknya.
    Selain sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, jika tekanan ban motor kurang juga dapat menyebabkan kerusakan pada velg motor.
    Untuk itu, kita harus selalu memastikan tekanan ban motor berada pada tekanan
    yang tepat sesuai dengan gaya berkendara kita.
  6. Mengendarai Motor dengan Kecepatan Stabil.
    Untuk tips menjaga motor agar tetap awet dan nyaman saat dikendarai yang selanjutnya adalah dengan mengendarai motor pada kecepatan yang stabil, hal ini dapat menjaga kerusakan mesin.
    Mesin motor terutama pada bagian van belt akan mudah rusak jika kita mengendarai motor dengan kecepatan yang tidak stabil. Kita harus menghindari mengubah kecepatan secara mendadak.
    Ketika kita akan melepas gas kita harus lakukan secara stabil dan perlahan, begitu pula sebaliknya ketika kita akan menarik gas.
  7. Melakukan Service Motor Secara Rutin.
    Hal terakhir adalah dengan cara rutin untuk melakukan service motor secara berkala. Service motor atau biasa juga disebut tune up umumnya dianjurkan bersamaan dengan waktu penggantian oli, yaitu satu bulan sekali atau ketika kita sudah mencapai jarak tempuh 2.500 KM.
    Usahakan kalian lakukan hal tersebut di teknisi yang tepat, atau bila perlu kalian bisa datang tempat service resmi yang sesuai dengan kendaraan kalian. (Opq/KPO-1)
Iklan
Baca Juga:  Satu RT 100 Pekerja Informal di Banjarmasin Selatan
Iklan