Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Khazanah Qalbu

Dosa Meningalkan Shalat

×

Dosa Meningalkan Shalat

Sebarkan artikel ini
Syafiq Riza Basalamah
DR SYAFIQ RIZA BASALAMAH, Lc. MA

Oleh : DR Syafiq Riza Basalamah.MA

Shalat adalah rukun islam yang kedua.Shalat adalah Munajat hamba kepada Tuhannya. Tatkala manusia dibangkitkan dari kubur, digiring menuju ke Padang Mahsyar untuk menjalani persidangan,maka yang pertama akan disidik dan dihisab adalah Shalatnya, Bila shalatnya baik niscaya semua amalan nya akan baik namun bila tidak,maka apa yang diharapkan kemudian dari dirinya.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan bahwa ada orang yang shalat namun yang didapat olehnya hanya setengahnya,ada yang lebih,ada yang kurang dari itu.

Iklan

Bahkan ada orang yang tidak mendapatkan pahala apapun.

Bukankah merugi sekali tatkala telah bekerja dan bersusah payah namun tidak mendapat apa apa.

Orang bodoh itu bukan yang tidak dapat membaca dan menulis.Tapi orang bodoh sebenarnya adalah yang tahu Arah Kiblat namun tidak shalat.

Seorang muslim memiliki banyak kewajiban untuk ditunaikan. Dan di antara kewajiban tersebut adalah mengerjakan shalat. Akan tetapi banyak di antara kaum muslimin yang melalaikan shalat, bahkan ada yang berani meninggalkan shalat, wal ‘iyadzubillah. Tahukah kita apa keutamaan shalat? Dan tahukah kita, apa bahayanya jika meninggalkan shalat?

Kita semua pasti tahu bahwa shalat adalah perkara yang amat penting. Bahkan shalat termasuk salah satu rukun Islam yang utama yang bisa membuat bangunan Islam tegak. Namun, realita yang ada di tengah umat ini sungguh sangat berbeda. Kalau kita melirik sekeliling kita, ada saja orang yang dalam KTP-nya mengaku Islam, namun biasa meninggalkan rukun Islam yang satu ini.
Di antara bentuk dosa Besar yang lebih besar dari dosa perbuatan zina, dosa mencuri ,dosa riba, dosa ghibah, adalah dosa meninggalkan shalat 5 waktu.

yaitu dosa meninggalkan shalat subuh, dosa meninggalkan shalat zuhur, dosa meninggalkan shalat ashar, dosa meninggalkan shalat maghrib, dosa meninggalkan shalat Isya, dosa meninggalkan shalat Jum’at atau dengan kata lain dosa meninggalkan shalat fardhu. Namun dengan besarnya dosa meninggalkan sholat sangat menyedihkan ,banyak kaum Muslim yang justru meremehkan dosa meninggalkan sholat, bahkan begitu besarnya dosa meninggalkan sholat, para Ulama memperselisihkan tentang keislaman seorang Muslim yang meninggalkan sholat.
Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu menjaga Shalat kita dan menerima Shalat dan ibadah kita serta mengampuni dosa dosa kita.
Y

Iklan
Baca Juga :  HARMONI SAINS DAN AGAMA
Space Iklan
Iklan
Ucapan