Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kalteng

Wagub Edy Pratowo Sampaikan Fokus Pembangunan Kalteng

×

Wagub Edy Pratowo Sampaikan Fokus Pembangunan Kalteng

Sebarkan artikel ini
IMG 20240922 WA0016
Kalimantanpost.com -foto/humas Kalteng RAMAH TAMAH – Wakil Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo saat ramah tamah usai upacara peringatan Hari Jadi ke-56 Kabupaten Barito Selatan, Sabtu (21/9/2024).

BUNTOK, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo menyampaikan fokus pembangunan daerah yang perlu mendapatkan dukungan semua pihak.


“Kita harus benar-benar fokus terhadap sektor-sektor strategis pembangunan yang menyentuh angsung masyarakat,” tegas Edy Pratowo, saat memimpin upacara Peringatan Hari Jadi ke-65 Kabupaten Barito Selatan, yang mengangkat tema “Bersama Berkarya Mewujudkan Barito Selatan yang Maju dan Sejahtera””, di Kantor Bupati Barito Selatan, Sabtu (21/9/2024).

Iklan


Edy Pratowo mengingatkan, tantangan perubahan zaman saat ini begitu cepat akibat pesatnya laju globalisasi dan digitalisasi, sehingga menuntut daya saing yang semakin kompetitif.


Kemudian, adanya ketidakpastian situasi geopolitik global dan juga perubahan iklim ekstrem menyebabkan ancaman krisis pangan dan energi.


Selain itu, bonus demografi dan keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) juga menjadi tantangan tersendiri.


Dijelaskan, agar mampu menghadapi berbagai tantangan sulit tersebut, kunci utamanya adalah membangun sumber daya manusia yang sehat, unggul, dan berdaya saing.


Diantaranya, kemandirian pangan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan perekonomian dalam arti luas, seperti hilirisasi dan UMKM.
Menurut Wagub, pada sektor pangan, Alhamdulilah Kalteng mendapatkan kepercayaan pemerintah pusat, mulai dari program strategis nasional Food Estate hingga saat ini optimasi lahan dan cetak sawah rakyat, sehingga nantinya mampu menjadi salah satu lumbung pangan nasional.


Untuk program cetak sawah, diharapkan dapat mencapai satu juta hektare. Untuk tahap pertama, ditargetkan seluas 400 ribu hektare di enam kabupaten/ kota, termasuk Barito Selatan, yang ditargetkan sekitar 68 ribu hektare.


Ia mengharapkan dukungan dan sinergi dari Pj Bupati, Forkopimda, DPRD, dan seluruh elemen di Kabupaten Barito Selatan, untuk bersama-sama menyukseskan program tersebut.


Dalam kesempatan tersebut juga, Wagub mengutarakan untuk menjawab keinginan masyarakat terhadap pelayanan publik yang tidak berbelit-belit, responsif, profesional, dan transparan di era digital, implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) perlu dipercepat.

Baca Juga :  DHL Gelar Bimtek Pengelolaan Limbah B3


“Saya juga mengingatkan, kondisi perubahan cuaca ekstrem dan meski diprediksi cenderung ke La Nina, tetapi kita perlu tetap meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana, baik (karhutla) maupun banjir”, jelasnya.


Terakhir Wagub mengajak seluruh masyarakat menyukseskan agenda Pesta Demokrasi berikutnya, yakni Pilkada Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Bupati dan Wakil Bupati, termasuk di Barito Selatan pada 27 November 2024 mendatang.


“Saya juga meminta kita semua untuk dapat terus menjaga kerukunan, keamanan, dan keharmonisan,” tukasnya.


Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-65 Kabupaten Barito Selatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan syukuran yang digelar di Aula Setda Kabupaten Barito Selatan. (drt/KPO-4)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan