Kelanjutan Penyelesaian RSUD Sultan Suriansyah Dianggarkan Rp25 M

Banjarmasin, KP – Tepat di Hari Jadi ke-493 Kota Banjarmasin pada 24 September 2019 lalu, Rumah Sakit Sultan Suriansyah yang terletak di Jalan RK Ilir, Pekauman, Banjarmasin Selatan ditarget sudah bisa beroperasi.

Meski demikian, rumah sakit yang didirikan Pemko Banjarmasin dan pembangunnya belum sepenuhnya rampung, termasuk ketersediaan berbagai fasilitas, sarana dan prasana itu masih memerlukan ketersediaan anggaran cukup besar.

Demi untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, pihak Pemko DPRD Kota Banjarmasin sepakat melanjutkan penyelesaian rumah sakit yang berlokasi di kawasan Jalan RK Ilir, Kecamatan Banjarmasin Selatan itu.

“Dalam APBD tahun 2020 untuk mengerjakan proyek kelanjutan penyelesaian pembangunan RSUD dialokasikan anggaran sekitar Rp25 miliar,’’ ujar Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Tugiatno.

Menurutnya, pihak dewan sendiri akan terus mengawal proses kelanjutan penyelesaian rumah sakit tersebut. Tugiatno menilai, meski belum lama beroperasi, namun pelayanan kesehatan yang diberikan di RSUD Sultan Suriansyah saat ini sudah cukup memadai.

Berita Lainnya
1 dari 1.783
Loading...

Seperti, katanya, di lantai I adanya pelayanan kesehatan poliknik penyakit dalam, poliknik kebidanan dan kandungan, poliknik bedah, poliknik jiwa, poliknik saraf dan poliknik rehab medic MCU.

Sementara pada lantai II rumah sakit, lanjutnya, sudah dibuka pelayanan poliknik anak, poliknik gizi, poliknik mulut dan gigi, poliknik THT, poliknik patalogi anatomi dan tersedianya laboratorium mini.

Sebelumnya ketika menerima kunjungan komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Dirut RSUD Sultan Suriansyah, Sukutjo Hartono mengakui, karena masih baru beroperasi dan pembangunan belum 100 persen rampung tentunya RSUD Sultan Suriansyah masih memerlukan ketersediaan sarana dan fasilitas pendukung lainnya yang harus dipenuhi.

“Namun demikian kita tetap optimis, apalagi dewan sudah memberikan dukungan dalam mengalokasikan anggaran sarana dan prasarana penunjang operasional pelayanan kesehatan pada rumah sakit ini secara bertahap,’’ kata Sukotjo Hartono.

Diakuinya, meski sudah memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, namun RSUD Sultan Suriansyah yang dilaucing dan beroperasi 24 September 2019 atau bertepatan Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke- 493 ini belum bisa memberikan layanan kepada warga miskin pemegang kartu BPJS.

“Masalahnya, RSUD Sultan Suriansyah masih dalam tahap proses akreditasi. Sementara BPJS kesehatan menyaratkan, rumah sakit yang bekerjasama melayani pasien penerima kartu BPJS rumah sakit itu harus sudah diakreditasi,’’ katanya. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya