BI Dorong Pembayaran Digital Selama Pandemi Corona

Banjarmasin, KP – Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Kalsel Banjarmasin, Amanlison Sembiring mengklaim pihaknya akan terus menggenjot sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program digitalisasi saat pandemi Covid-19.

Pihaknya memaparkan, beberapa program strategis yang akan ditawarkan yaitu, pertama UMKM Digital dengan melakukan pelatihan online dan pendampingan dengan tujuan meningkatkan kapasitas, serta melakukan kurasi UMKM terpilih untuk seleksi IKRA (Industri Kreatif Syariah).

“ Kita mendorong instansi atau dinas terkait untuk membentuk UMKM Care Centre sebagai media konsultasi, pendampingan, dan memfasilitasi UMKM dengan lembaga keuangan,” paparnya.

Terakhir, UMKM Connect. program ini menghubungkan UMKM dengan pelanggan untuk mempromosikan produk-produk dan meningkatkan akses pemasaran sebagai upaya menjaga kinerja UMKM.

Berita Lainnya
1 dari 455
Loading...

“Langkah tersebut perlu segera dilakukan sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi pasca adanya Covid-19 di Kalsel, bahkan BI Kalsel saat ini sudah mendorong masyarakat untuk memanfaatkan kebijakan pembayaran digital selama pandemi corona berlangsung,” tambahnya.

Digital payment menurut Bank Indonesia belakangan memiliki peranan sangat penting, sebab dengan adanya pandemi Covid-19, integrasi ekonomi dan digital semakin diperlukan.

Hal ini pun dilakukan dalam persiapan menuju new normal atau era kenormalan baru, untuk menghindari penyebaran covid-19 dari interaksi langsung maupun dari media uang, mengingat pasar merupakan salah satu klaster penyebaran virus, ungkapnya.

Sementara terkait sektor ekonomi yang masih menjanjikan selama pandemi, dirinya menyatakan ada beberapa sektor yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, diantaranya sektor komunikasi dan UMKM di bidang pertanian, herbal dan hidroponik.

“ Hidroponik mempunyai daya jual dan laku, seperti produk herbal terlebih lagi karena bisa dikerjakan stay at home (dirumah saja),” tutupnya. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya