Dispersip Banjar Kelola Arsip Secara Elektronik

Martapura, KP – Kearsipan merupakan catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai kegunaan teratur dan terencana, baik itu arsip yang dibuat maupun diterima, agar mudah ditemukan kembali jika diperlukan.

Kasubbag Penyusunan Program dan Evaluasi Bagian Administrasi Setda Banjar, Yulvi Nora melakukan koordinasi tentang pengelolaan kearsipan, sekaligus pelatihan tentang cara pengelolaan arsip aktif dan inaktif, serta cara pengelolaan arsip elektronik yang disambut Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Keasripan Taslam Muzakiah, di Depo Arsip Banjar, kemarin.

Kabid Kearsipan Taslam Muzakiah mengatakan, amanat Undang-undang Tahun 2009 tentang kearsipan menyebutkan, pembinaan kearsipan Kabupaten Banjar dilaksanakan oleh Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang sesuai Undang-undang, dimana pengelolaan arsip aktif dan inaktif menjadi tanggung jawab pencipta arsip.

Berita Lainnya

Ini Tiga Langkah Keamanan Di Martapura Timur

Pendisiplinan Prokes, Pemkab Gelar Razia Masker

1 dari 361
Loading...

”Arsip menjadi aset penting dalam sebuah lembaga. Sistem kearsipan yang diselenggarakan secara optimal akan memperlancar kegiatan dan tujuan lembaga tersebut,” jelasnya.

Terlebih dalam era digital seperti sekarang, menurutnya arsip harus menjadi informasi yang bisa di akses setiap saat, dimana pun dan kapan pun. Banyak pihak yang sudah dan mulai mengalih mediakan, digitalisasi dokumen atau arsip dari media kertas ke media digital.

”Hasil digitalisasi dokumen atau arsip tersebut termasuk pada kategori arsip elektronik,” pungkasnya. (Wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya