Bernhard Emban Tiga Misi Penting di Banjarbaru

Standart Operasional Prosedur (SOP) dalam setiap permasalahan yang berkaitan dengan pengiriman kotak suara, kartu suara dan perlengkapan TPS, mengingat Pilkada kali ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19,

PEJABAT sementara (Pjs) Walikota Banjarbaru, Bernhard E Rondonuwu mengemban tiga misi penting untuk membangun Kota Banjarbaru, terutama menyukseskan Pilkada serentak 2020.

“Misi penting tersebut, adalah menjalankan roda pemerintah, melandaikan angka Covid-19 dan mengkondisikan keamanan dan kelancaran persiapan dan pelaksanaan Pilkada 2020,” kata Bernhard.

Untuk itu, dalam setiap kesempatan, Bernhard terus menyosialisasikan dan mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan di setiap kantor di Kota Banjarbaru, termasuk unit pelayanan masyarakat yang terdepan, dalam melakukan pelayanan tatap muka secara langsung dengan masyarakat.

“Prinsip 3 M yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan harus dilaskanakan dengan disiplin,” tambahnya.

Selain itu, menghimbau kepada seluruh ASN dan aparat dari satuan Polisi pamong Praja serta TNI Polri agar menjadi contoh bagi masyarakat dan menjadi agen perubahan yang menjadi suri tauladan dan menularkan pola hidup baru untuk menekan perkembangan covid-19 di Kota Banjarbaru.

Bernhard menambahkan, jajaran kelurahan dan kecamatan telah melaksanakan Rapat Koordinasi tentang pandemi Covid-19 dan persiapan Pilkada, mulai dari tingkat RT/RW hingga seterusnya diwajibkan setiap harinya membuat laporan terkait situasi dan kondisi wilayahnya setiap hari.

Berita Lainnya
1 dari 421

Disamping itu, juga menyampaikan laporan harian terkait lokasi tempat pemungutan suara (TPS), daftar pemilih sementara (DPS), daftar pemilih tetap (DPT) dan situasi kondisi menjelang Pilkada, dimana laporan tersebut kemudian disampaikan ke Kementerian.

Berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada, Pjs Walikota Bernhard meninjau secara acak dan turun secara langsung memastikan dan mengecek ke Kelurahan terkait kesiapan Pilkada tersebut. Kesiapan Pilkada yang paling penting adalah permasalahan DPT di wilayah se Kota Banjarbaru.

Bernhard menginginkan DPT ini sudah clear dan detail serta lengkap di setiap kelurahan. Kemudian juga mengecek kesiapan TPS dan KPPS serta lokasi yang dijadikan sebagai TPS agar benar benar mengikuiti aturan yang berlaku.

“Saya tanpa bosan kembali menekankan netralitas ASN dalam Pilkada ke depan dan dukungan aparat keamanan di setiap TPS yang ada,” katanya

Pjs Walikota Banjarbaru juga mengingatkan Standart Operasional Prosedur (SOP) dalam setiap permasalahan yang berkaitan dengan pengiriman kotak suara, kartu suara dan perlengkapan TPS, mengingat Pilkada kali ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, Pjs menginginkan agar pilkada dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Setiap KPPS dan personilnya serta petugas yang dilapangan seluruhnya akan di tes rapid untuk mengetahui dan memastikan kesehatan setiap petugas yang ada di TPS dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Kemudian setiap TPS akan dirancang dengan baik dengan mengikuti pola 3 M. dengan ini diharapkan masyarakat tidak takut dan bersemangat untuk mendatangi setiap TPS yang ada di Kota Banjarbaru. Karena penyelenggaraan Pilkada 2020 ini dijamin keamanannya oleh negara.

Bahkan, beberapa waktu lalu Pjs Walikota mengunjungi gudang logistik surat suara untuk pelaksanaan Pilkada 2020 KPU Kota Banjarbaru, didampingi Ketua KPU dan Bawaslu setempat meninjau gudang logistik kertas suara Pilwali Banjarbaru dan kertas suara Pilgub Provinsi Kalsel sebanyak 172.133 lembar surat suara untuk Pilwali Banjarbaru dan Pilgub Kalsel, ditambah sebanyak 200.000 surat suara Pilwali Banjarbaru untuk PSU (Pemungutan Suara Ulang), jika melaksanakan pemungutan suara ulang.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untk ikut serta dalam Pilkada 2020 nanti, karena satu suara yang diberikan adalah besar untuk pembangunan Kota Banjarbaru 5 tahun kedepan,” pungkasnya. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya