Cegah COVID-19 Dengan Germas dan Disiplin Protokol Kesehatan

Tamiang Layang , KP – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menghimbau kepada masyarakat Barito Timur agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga diri dan keluarga agar tidak tertular COVID-19 dengan melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas ) dan disiplin protokol kesehatan.

“Gerakan masyarakat merupakan cara hidup yang baik dan bisa mencegah tertular dari COVID-19. Demikian pula dengan protokol kesehatan,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Sabtu (7/11/2020 ) Kemaren.

Menurutnya untuk menjaga kesehatan agar tetap vit yakni memakan makanan yang bergizi seimbang, rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

Selain itu jelas Ampera lagi menjaga kebersihan lingkungan rumah, meminum air mineral sebanyak delapan gelas per hari, tidak merokok, makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan jangan makan daging dari hewan berpotensi menularkan penyakit atau virus.

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun anti bakteri memakai masker saat batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam. Bila demam dan sesak nafas segera memeriksakan diri fasilitas kesehatan terdekat dan jangan lupa berdoa.

“Selain itu, juga melaksanakan protokol kesehatan yang baik yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Melaksanakan hidup dengan Germas dan disiplin protokol kesehatan adalah kunci terhindar dari COVID-19,” katanya

Berita Lainnya
1 dari 102

Tambahnya, hingga saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah penularan COVID-19 tetapi siapa saja dapat melakukan tindakan pencegahan agar tidak tertular dengan : menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas/kekebalan tubuh meningkat. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan alkohol 70-80 persen sesuai langkah-langkah mencuci tangan yang benar,

“Mencuci tangan sampai bersih merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Dan, sebagian besar penyebaran penyakit akibat virus dan bakteri bersumber dari tangan,” katanya.

Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting. Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan tidak tertular. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan bagian dalam (bukan dengan telapak tangan) dan gunakan masker.

Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah). Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus.

“Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita,”jelas Ampera .

Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika Anda berada di luar rumah. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan. Menunda perjalanan ke daerah dimana virus ini banyak menyebar atau zona merah. Hindari bepergian keluar rumah kecuali untuk kegiatan mendesak atau saat merasa kurang sehat, terutama jika merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. (vna/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya