Dinkes Balangan dan Puskesmas Paringin Survei Kualitas Air Minum Rumah Tangga

Paringin, KP – Puskesmas Paringin bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, melakukan penelitian Survei Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT), di Desa Lokbatu, Kecamatan Batumandi, Kamis (3/12/2020) lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak se-Indonesia ini melibatkan empat kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan, di antaranya Kecamatan Batumandi, Awayan, Halong dan Paringin Selatan dengan total 10 rumah per kecamatan.

Seiring pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat kebutuhan air pun semakin meningkat. Sumber air yang digunakan masyarakat pada umumnya adalah air tanah.

Petugas Sanitasi Puskesmas Paringin, Santy Ermasari menyampaikan, penentuan kualitas air tentunya berkaitan dengan pengurangan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat yang ditimbulkan karena konsumsi air yang kualitasnya tidak sesuai persyaratan Permenkes.

Berita Lainnya
1 dari 390

“Semoga hasilnya untuk air minum itu tidak ada yang mengandung bakteri yang bisa menyebabkan sakit perut atau diare,” ucap dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pengujian air yang biasa dilakukan selain bakteriologis adalah uji fisik dan kimiawi dengan standar kualitas air bersih. Sehingga standar inilah yang nantinya digunakan sebagai tolak ukur kualitas air yang layak untuk dikonsumsi.

Santy berharap, ke depan agar kegiatan ini tetap berjalan untuk terus memantau survei kualitas air minum di masyarakat.

Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Suriadi mengatakan, hal ini merupakan suatu penelitian guna mendapatkan data dasar kondisi kualitas air minum di tingkat rumah tangga.

“Lebih khususnya ini untuk mengukur proporsi rumah tangga yang kualitas air minumnya itu aman, untuk melihat proporsi menurut perilaku dalam pengolahan air minum, melihat proporsi menurut tingkat risiko pencemaran lingkungan terhadap sarana air minum, dan proporsi rumah tangga yang memiliki akses air minum yang aman,” imbuhnya. (rel/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya