Baguna Bantu Penanggulangan Bencana

Berita Lainnya
1 dari 3.536

Banjarmasin, KP – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kalsel siap membantu penanggulangan bencana di wilayah Kalsel, agar bisa meringankan dan membantu masyarakat yang terkena musibah.
“Baguna siap untuk membantu masyarakat yang terkena musibah,” kata Ketua DPD Baguna Kalsel, Rizal kepada wartawan, usai penandatangan kerjasama DPD Baguna Kalsel dengan DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kalsel, Minggu (3/1/2021), di Banjarmasin.
Bahkan, sayap Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini melengkapi peralatan dan tenaga untuk membantu menanggulangi bencanan yang terjadi di Kalsel, baik kebakaran, kebanjiran dan lainnya.
“Kita siap untuk membantu penanganan bencana di daerah,” ujarnya didampingi Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalsel, M Syaripuddin.
Baguna kini melakukan konsolidasi agar di setiap DPC PDI Perjuangan di kabupaten/kota juga terbentuk Baguna, sehingga memudahkan membantu penanganan bencana.
“Saat ini memang baru terbentuk di tujuh kabupaten/kota, dan rencananya tahun 2021 terbentuk di seluruh Kalsel,” tambah Rizal, pada kegiatan yang dirangkai dengan HUT PDI Perjuangan ke-48.
Sebelumnya, Sekretaris PDI Perjuangan, M Syaripuddin mengatakan, kerjasama ini agar keberadaan Baguna maupun PDI Perjuangan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama mereka yang terkena musibah.
“Tidak hanya dengan PPNI, namun juga dengan Basarnas maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel,” kata Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin.
Selain itu, Baguna Kalsel juga melakukan pelatihan penanggulangan bencana, agar siap diturunkan untuk membantu menanggulangi bencana yang terjadi di daerah. “Mudah-mudahan keberadaan kita ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.
Hal senada diungkapkan Plt Ketua PPNI Kalsel, Dedi Afrizal, yang diharapkan kerjasama ini bisa memberikan manfaat kepada kedua belah pihak, terutama di tengah pandemi Covid-19.
“Kita harapkan bisa bersinergi tidak hanya untuk membantu kegiatan sosial, namun juga lainnya,” tegas Dedi, yang kini memprakarsai program satu perawat satu desa.
Rangkaian peringatan HUT PDI Perjuangan ke-48 dilakukan diawali dengan donor darah dan sunatan massal, yang dimulai dari awal tahun hingga Juni 2021 mendatang. Selain itu juga penghijauan berupa penanaman mangrove di pinggir pantai, webinar dan lainnya. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya