Kalsel Siapkan Pusat Rehabilitasi Narkoba

Berita Lainnya

Banjarmasin dan Batola teken MoU

1 dari 3.567

Banjarmasin, KP – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mendukung rencana untuk membangun pusat rehabilitasi narkoba di wilayah Kalsel, agar bisa menangani pengguna narkoba.
“Jadi tidak semuanya kasus narkoba itu harus di penjara, namun juga perlu direhabilitasi,” kata Supian HK kepada wartawan, usai menerima kunjungan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalsel, Brigjen Pol Jackson Arison Lapalonga, Rabu (6/1/2021), di Banjarmasin.
Untuk itu, Kalsel memang harus menyiapkan tempat rehabilitasi bagi pengguna narkoba, mengingat penjara bukanlah tempat yang tepat untuk mengatasi ketergantungan terhadap narkoba.
“Kita menginginkan pengguna tidak mengalami ketergantungan narkoba dan dapat hidup dengan baik,” jelas politisi Partai Golkar.
Selain itu, perlu dilakukan sharing kerjasama dengan BNNP, Polda, DPRD maupun Pemprov agar bisa melakukan pencegahan terhadap penyebaran narkoba di wilayah Kalsel.
“Ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada generasi muda, baik perguruan tinggi maupun sekolah agar mereka tidak mencoba-coba menggunakan narkoba,” tegas Supian HK.
Hal senada diungkapkan Kepala BNNP Kalsel, Jackson Lapalonga, karena diperlukan sinergi antara semua pihak untuk mencegah penyebaran narkoba di wilayah Kalsel.
“Kita perlu dukungan semua pihak untuk menyelamatkan generasi muda dari narkoba,” tegas Jackson.
Jackson mengakui, pihaknya berupaya meningkatkan Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), agar bisa mencegah secara dini terhadap peredaran narkoba.
“Intinya kita ingin mengurangi pasar atau permintaan terhadap narkoba, sehingga dengan mengurangi demand (pemintaan), juga dapat menekan suplai,” tambahnya.
Kemudian, juga melakukan rehabilitasi terhadap pengguna narkoba, yang selama ini dikirim ke Samarinda, sehingga memerlukan anggaran besar untuk melakukan rehabilitasi.
Selain itu, bersama aparat kepolisian juga rutin melakukan razia untuk mencegah masuknya narkoba ke wilayah Kalsel. “Harapannya, kita mampu menyelamatkan generasi muda dari narkoba,” tegas Jackson. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya