Pemerintah Harus Perhatikan Peladang Tradisional

Palangka Raya, KP – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Kalteng Srio Sako mengharapkan agar Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten perhatikan dan bantu peladang tradisional di pedalaman.

Kepada pers, Selasa (9/2) ia mengemukakan, sebagai wakil rakyat dari Dapil II sangat mendukung Kalteng dijadikan lokasi food estate. Namun diingatkan.jangan hanya fokus di Kabupaten Pulang Pisau, Kapuas saja.

Demi keadilan, petani peladang di pedalaman Kalteng juga harus di beri perhatian dan dibantu dari berbagai segi tata kelola usaha perladangan mereka.

Sebab bila tidak, akan picu kecemburuan sosil antara petani peladang / lokal dengan petani kawasan food estate. Pasalnya tahun depan Pemerintah akan menggelontorkan anggaran Rp 1,4 trilun.

Berita Lainnya

SDM Wanita Kalteng Perlu Peningkatan

Kalteng Programkan Bangga Kencana 2021

1 dari 427

Dana itu untuk penyediaan dan pengolahan lahan, pupuk, bibit, mekanisasi saprodi dan infrastruktur, sampai penananganan pasca panen maupun pemasaran.

Bila petani peladang juga dibantu hal yang sama, didukung mekanisasi pertanian, mereka tidak akan mungkin menjual lahan ke investor, papar politisi Partai Demokrat itu.

Ditegaskan masyarakat lokal seperti petani peladang memiliki hak yang sama memperoleh dukungan dari Pemerintah. Kalau petani di kawasan food esrate dibantu sertifikat mereka. Hendaknya peladang tradisional juga memperoleh pembinaan yang sama.

“Jangan lah mengkambing hitam kan peladang berpindah sebabkan banjir, atau kebakaran hutan dan lahan, tapi nereka tak pernah dibantu”. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya