Bupati Tegaskan SKPD Harus Sinergi Dengan Kementerian Demi Hemat APBD

Pelaihari, KP – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Tanah Laut (Tala) saat ini harus mulai menyusun program kegiatan yang bersinergi dengan kementerian terkait, hal ini wajib dilakukan agar SKPD tidak hanya bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam pelaksanaannya. Demikian diungkapkan Bupati Tala HM Sukamta dalam rapat ekspos rencana akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), bertempat di Ruang VIP Kediaman Bupati Tala, Selasa malam (25/5/2021).

“Mulai sekarang SKPD harus lebih kreatif dalam mencari dan menggunakan dana alternatif dalam pelaksanaan program. Wajib bersinergi dengan kementerian terkait. Saya yakin banyak program-program kementerian yang dilaksanakan di daerah. Jadi SKPD tidak hanya bergantung pada belanja APBD saja”, ungkap Sukamta.

Arahan tersebut merupakan respon terhadap kondisi APBD Tala yang terdampak sejak awal pandemi Covid-19. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sejak awal pandemi, APBD Tala yang cukup besar harus mengalami refocusing untuk penanganan Covid-19 dan juga diarahkan untuk pemulihan pasca bencana alam beberapa waktu yang lalu. Dalam hal ini TPAD Tala pun harus putar otak dan terukur dalam penyusunan RKPD Tahun 2022.

Berita Lainnya

Tala Akan Miliki TP2DD

1 dari 416

“Tahun lalu kita sudah refocusing, kalau memang tahun ini harus refocusing lagi, kita refocusing untuk penghematan APBD kita. Lakukan ekspos program SKPD, kalau tidak urgent, kita akan arahkan ke rencana pembangunan lain yang lebih prioritas”, tambahnya.

Lebih lanjut Sukamta menegaskan kepada para kepala SKPD untuk terus berinovasi dalam perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan. Manfaatkan sumber-sumber pendanaan lain, baik dari kementerian pusat maupun dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kepala SKPD harus bisa mencari sumber-sumber pendanaan lain dalam mendukung kegiatan, berjuang keras ke pemerintah pusat dalam kerjasama program dan pendanaan sembari meningkatkan pendapatan daerah. Kerjasama dengan CSR juga harus dimaksimalkan”, tutupnya.

Turut berhadir Sekretaris Daerah (Sekda) H Dahnial Kifli yang juga bertindak sebagai Ketua TAPD Tala, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Akhmad Hairin, Asisten Bidang Administrasi Umum Safarin, kepala SKPD terkait serta jajaran anggota TAPD Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya