Ketua Dekranasda Kalteng Dorong Klinik Bisnis Tumbuh dan Berkembang.

Palangka Raya, KP – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran mendorong tumbuhnya klinik bisnis seperti Kopi Preneur Klinik Bisnis, disalah satu hotel Palangka Raya, Sabtu (19/06) akhir pekan tadi.

Kegiatan ini digagas oleh CEO klinik bisnis dan Abdul Rasyid Foundation Monica Putri Rasyid dalam rangka melakukan pembinaan pada UMKM di Kalteng.

Klinik bisnis merupakan platform pembinaan UMKM Kalteng. Pembinaannya ini oleh Putra/ putri terbaik Kalteng dan untuk UMKM Kalteng, papar Ivo Sugianto Sabran.

Kehadiran Ivo Sugianto Sabran juga mewakili Gubernur, memberi apresiasi gerakan dan program yang dirintis oleh Monica Putri Rasyid untuk pengembangan UMKM Daerah melalui Klinik Bisnis. Dijelaskan program tersebut menghadirkan bimbingan wirausaha dari para ahli professional dibidanagnya.

Kemudian membuka perluasan jaringan/networking untuk mitra Klinik Bisnis, pendidikan dengan beragam fasilitas sampai dengan pemberian dukungan pendanaan bagi pelaku UMKM. Dan apabila program tersebut dikelola dengan baik akan memajukan dan membangkitkan UMKM di Kalteng yang saat ini terpuruk akibat pandemi.

Berita Lainnya
1 dari 528

Diungkapkan, eksistensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari tahun ke tahun terus menunjukkan kecenderungan perkembangan yang positif hingga saat ini. Namun demikian UMKM juga mengalami kendala dan tantangan dalam beberapa hal, yaitu Aspek Kelembagaan, Aspek Produksi, Aspek Pembiayaan, Aspek Pemasaran dan Aspek Kapasitas Sumber Daya Manusia.a

Dampak covid 19 menurutnta.lagi yang paling dirasakan adalah salah satunya oleh pegiat UMKM. Dibandingkan dengan perusahaan, pemilik UMKM masih belum memiliki sistem atau infrastruktur untuk bekerja secara online.

Karena itu pegiat UMKM memerlukan adanya pendampingan dalam memberdayakan fungsinya secara kreatif dan inovatif. Pelaku UMKM juga perlu mengambil langkah-langkah strategis untuk menjaga eksistensi usahanya secara mandiri, salah satunya dengan menyesuaikan dengan perubahan prilaku konsumen akibat pandemi Covid-19.

Pemerintah disebutkan telah memberikan berbagai stimulus kepada pelaku UMKM dengan menggunakan Dana Insentif Daerah (DID), Bantuan Langsung Tunai dan Program UMKM Berkah melalui PT. Bank Kalteng.uL “Tetapi khsusnya bagi pelaku UMKM tentunya memerlukan dukungan dari seluruh pihak”, tandas Ivo Sugianto.

Kegiaran dihadiri Komandan Korem (Danrem) 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalteng Rihando, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Prov. Kalteng Otto Fitriandy dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. Dari Pemerintah Daerah Kota Palangka Raya hadir Walikota Palangka Raya Fairid Naparin (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya