Masyarakat Diajak Jaga Nilai Luhur Pancasila

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021) pagi secara daring dari Pendopo Bupati HSS.

Kegiatan dihadiri Bupati HSS Achmad Fikry, Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, dan Sekretaris Daerah Muhammad Noor.

Turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten HSS Akhmad Fahmi, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Ketua Pengadilan Negeri Kandangan Yunto Safarillo Hamonangan Tampubolon, Kepala Kejaksaan Negeri HSS Agus Rujito Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Efran, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sasmi Rifani dan Danramil 1003-04 Kapten Arh Zainal Nurdin.

Kegiatan dilaksanakan dengan undangan yang terbatas dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, yakni peserta upacara berbaris menjaga jarak.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, banyak hal yang dipetik dari penyampaian Presiden saat upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut. Salah satunya tentang pentingnya mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Berita Lainnya
1 dari 568

Ia berujar, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan, namun tantangan yang dihadapi Pancasila juga makin besar.

“Presiden RI mengharapkan kepada kita untuk bisa menjaga kemurnian Pancasila di tengah masyarakat. Untuk yang beragama Islam tinggal menerapkan saja karena sudah sesuai dengan ajaran Islam, tinggal implementasi dari lima sila itu,” terangnya. 

Bupati Achmad Fikry berharap, generasi muda mulai dari anak di sekolah harus mulai dimantapkan pemahaman nilai-nilai pancasila. Karena tantangan global terangnya, tidak mustahil akan terjadi perbedaan sudut pandang antara satu dengan yang lain. Ia berpesan, tetap harus kembali kepada falsafah negara yaitu Pancasila.

“Nilai-nilai luhurnya tetap harus kita jaga dan pegang dalam prinsip kita berkehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Insya Allah kalau kita bisa melaksanakan nilai Pancasila, akan lahirlah negara yang kuat yang maju tidak ada benturan satu sama lain. karena Pancasila itu perekat di tengah-tengah perbedaan di antara kita,” pesannya kepada masyarakat.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut dipusatkan di Gedung Pancasila Jakarta, dengan Inspektur upacara yakni Presiden Joko Widodo secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya