Bupati Ikuti Pembekalan Kepemimpinan dari Kemendagri

Martapura, KP – Bupati H Saidi Mansyur mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Angkatan I – VI Gelombang 1 dan 2 secara Virtual, di Command Center Manis, Martapura, Jumat (16/7).

Kegiatan pembekalan Kepemimpinan tersebut diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri. Turut mendampingi Bupati, Kepala BKDPSDM Rahmat Dani, Kepala Bappedalitbang Galuh Tantri Narindra serta Kabag Pemerintahan.

Bahkan dalam paparannya tentang Rencana Aksi Sumber Daya Manusia Kabupaten Banjar, Bupati Saidi Mansyur mengatakan, yang menjadi tujuan adalah untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan, agar tercapai visi misi Maju, Mandiri dan Agamis.

”Sehingga terwujud penyelenggaraan pemerintahan yang amanah, baik, bersih dan efektif serta mewujudkan janji politik Bupati dan Wakil Bupati,” tandasnya.

Berita Lainnya
1 dari 605

Setelah dianalisis dengan metode SWOT, lanjutnya, ada empat rumusan isu strategis yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, yaitu melaksanakan pengembangan SDM guna mengatasi kesenjangan kompetensi, lalu dampak Covid-19 yang menyebabkan refocusing anggaran.

”Kemudian adanya kebijakan penyederhanaan birokrasi serta perkembangan teknologi informasi dalam pengembangan SDM. Berdasarkan rumusan isu strategis tersebut, Pemkab Banjar menyusun Rencana Aksi Pengembangan SDM,” paparnya.

Untuk 2022, lanjutnya, kegiatan pengembangan kompetensi teknis, anggaran terbesar ada pada bidang kesehatan dan pendidikan. Kebijakan mengalokasikan anggaran kedua bidang ini dalam rangka memenuhi janji politik pihaknya pada Pilkada 2020 kemarin.

”Dan akan dituangkan ke dalam dokumen RPJMD Banjar periode 2021–2026,” tambahnya seraya berharap Dokumen Rencana Aksi ini dijadikan panduan dalam pengembangan kompetensi ASN yang harus dipedomani seluruh perangkat daerah.

Adapun yang menjadi Coach kegiatan tersebut, Mahmudan Sadik dari BPSDM Kemendagri, sedang pembahas, Endang Trisiasih. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya