Bupati Saidi Mansyur Resmikan Pojok Kreasi

Martapura, KP – Bupati H Saidi Mansyur didampingi Wakil Bupati H Said Idrus Al-Habsyie, Sekda HM Hilman dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Dr Yasna Khairina, meresmikan Pojok Kreasi di Dispersip.

Ditandai dengan pembukaan tirai, peresmian tersebut digelar saat rapat koordinasi mingguan SKPD, di Aula Dispersip, Senin (19/7).

Kabid Perpustakaan Dispersip Noor Aida mengatakan, persiapan pembuatan Pojok Kreasi hanya satu minggu dengan memajang berbagai kreasi motif sasirangan dan tikar purun.

“Esensinya, karena perpustakaan kita ini berbasis inklusi sosial, salah satunya kemarin ada pelatihan membuat sasirangan, hasilnya bisa kita pamerkan di Pojok Kreasi. Tikar purun ini juga sebagai budaya lokal daerah,” katanya.

Menurutnya, motif kain sasirangan dan tikar purun biasa diolah masyarakat Kabupaten Banjar, lebih luas Kalsel. Seperti pembuatan tikar purun yang ada berbagai motif, ternyata banyak yang tidak mengetahuinya.

Berita Lainnya
1 dari 605

“Disini kita bisa melihat berbagai jenis referensi,” tambahnya.

Adapun motif sasirangan yang dipajang, antara lain Intan Banjar, Kambang Tampuk Manggis, Kangkung Kaombakan, Daun Katu, Naga Balimbur. Sedang motif tikar purun, yakni Cengkeh, Ramak Sahang dan Mata Gergaji.

Sementara dalam rakor mingguan yang diikuti semua jajaran Pemkab Banjar, diantaranya  membahas peningkatan kasus Covid-19 yang mengalami peningkatan. Hingga hari ini kasus terkonfirmasi positif sebanyak 387, sedang Juni lalu hanya 162 kasus.

Bupati pun menegaskan perlunya peningkatan imbauan penerapan protokol kesehatan untuk menekan peningkatan kasus tersebut. Selain itu dia juga memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan, antara lain launching Kampung Papuyu, Karang Intan serta pemilihan pambakal.

Dalam rakor ini juga dibahas mengenai persiapan Hari Jadi Kabupaten Banjar, lalu pelaksanaan monitoring bagi sekolah yang melaksanakan tatap muka dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah Kabupaten Banjar.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan kartu anggota perpustakaan oleh Kadis Persip Yasna kepada Bupati Saidi Mansyur, Wakil Bupati Said Idrus dan Sekda Hilman. (wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya