Wagub Minta Dukungan Para Pihak Tangani Covid 19

Palangka Raya, KP – Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo bersama Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo dan Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto saat melakukan kunjungan kerja pintu masuk Kalteng di Kapuas, meminta dukungan para pihak tuntaskan masalah pandemi covid 19.

Kedatangan rombongan dalam rangka memantau Posko Penyekatan Perbatasan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Desa Anjir Serapat Timur, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas dilaksanakan, Selasa (6/7) lalu.

Sebelum berangkat di Mapolda Kalteng, Wagub Edy Pratowo bersama Kapolda dan Danrem mengawali agenda dengan terlebih dahulu melepas keberangkatan Tim Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19, Pemakaian Masker, dan Penyemprotan Disinfektan.

Tim Yustisi itu akan melaksanakan patroli bersama di daerah Pasar Kahayan dan Pasar Besar, Kota Palangka Raya.

Wagub Kalteng, dan rombongan selanjutnya berangkat dengan berkendaraan mobil menuju Kabupaten Pulang Pisau. Tiba di Aula Kantor Bappedalitbang, kedatangan rombongan Wagub disambut oleh Plt. Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang beserta Forkopimda setempat untuk kemudian meninjau langsung pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal di Gerai Vaksin Presisi di lokasi tersebut.

Setelah di Gerai Vaksin Presisi Kabupaten Pulang Pisau itu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kapuas. Setibanya di Posko Penyekatan Perbatasan Kalteng-Kalsel di Desa Anjir Serapat, dan disambut oleh Bupati Ben Brahim S. Bahat dan Forkopimda Kapuas.

Rombongan kemudian melakukan dialog dengan para petugas dan juga memantau langsung pelaksanaan kegiatan penyekatan. Wagub Edy Pratowo menjelaskan tujuan kunjungan tim untuk memantau langsung pelaksanaan Surat Edaran Gubernur Kalteng Nomor 443.1/107/Satgas COVID-19 yang mengatur tentang peningkatan-peningkatan upaya penanganan COVID-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kalteng, terlebih menghadapi ancaman kasus COVID-19 yang meningkat begitu cepat dalam beberapa waktu terakhir dan munculnya virus varian baru yang lebih mudah menular.

Berita Lainnya
1 dari 527

Peningkatan upaya tersebut di antaranya adalah pengetatan pengawasan mobilitas orang keluar masuk wilayah Kalteng, percepatan vaksinasi, dan juga pendisiplinan Prokes, sebagaimana juga telah diinstruksikan oleh Pemerintah Pusat.

“Kami dari Pemerintah Provinsi bersama dengan Pak Kapolda, Pak Danrem, dan Forkopimda Provinsi ini dalam rangka untuk memantau pelaksanaan Surat Edaran Gubernur, yang pertama itu,” jelas Wagub Edy Pratowo.

Wagub menekankan berbagai peningkatan upaya penanganan COVID-19 dan percepatan vaksinasi tersebut memerlukan dukungan dan sinergi seluruh pihak, khususnya para Bupati/Wali Kota beserta Forkopimda. “Saya kira kerja sama nanti para Bupati dan FKPD di kabupaten/kota itu penting untuk melakukan sinergi dalam rangka upaya-upaya pencegahan Virus Corona di Kalimantan Tengah.

Sementara itu Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo, menjelaskan keberadaan Posko Penyekatan di wilayah perbatasan Kalteng dengan provinsi tetangga ini penting bagi upaya menekan penyebaran COVID-19. “Di Pulang Pisau, tadi kita sudah mengecek pelaksanaan kegiatan vaksinasi.

Pengecekan Pos Sekat yang ada di Perbatasan Kapuas dan Banjar, dengan harapan mengurangi kegiatan mobilitas masyarakat yang betul-betul tidak diperlukan untuk tidak usah keluar rumah.

Kemudiab Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto mengingatkan bahwa keberhasilan pengendalian pandemi juga tergantung pada kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan pelaksanaan PPKM Mikro.

Ia mengimbau, dan mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, walaupun sudah dilaksanakan vaksinasi. Di samping itu, yang kedua, implementasi dari PPKM Mikro ini harus kita lakukan dengan baik. “Kalau ini bisa kita kerjakan, insya Allah, bisa membantu menekan penyebaran COVID di wilayah Kalimantan Tengah,” pungkas Danrem.

Dalam kunker di Kabupaten Kapuas, Wagub Kalteng bersama Kapolda dan Danrem serta didampingi Bupati Ben Brahim S. Bahat dan Forkopimda Kabupaten juga menyempatkan waktu untuk mengunjungi dan meninjau Fasilitas Isolasi Mandiri yang berada di Perumahan NSD (New Site Development). (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya