LPTQ Banjar Jaring Kader Muda

Martapura, KP – Bupati H Saidi Mansyur membuka Tahfidzul Qur’an, di Gedung Islamic Center, Martapura, Sabtu (21/8).

Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Banjar tersebut, dimaksudkan untuk menjaring kader muda setempat.

Didampingi Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyie, Kepala Kemenag Banjar H Najwan Noor, Ketua LPTQ setempat H Masruri beserta pengurus, Bupati Saidi Mansyur berharap dapat lahir para hafidz dan hafidzah muda di Kabupaten Banjar.

Untuk penjaringan sendiri, yakni pada cabang Musabaqah Qur’an, 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Pelaksanaan selama dua hari, 21 dan 22 Agustus 2021. Karena dalam suasana pandemi, maka ada pembagian empat shift per hari. Setiap shiftnya dengan waktu satu jam menampilkan sebanyak lima peserta.

Berita Lainnya
1 dari 652

“Total peserta 39 orang, baik putera dan puteri,” jelas Ketua LPTQ Banjar H Masruri.

Dikatakannya, penjaringan kader muda LPTQ Banjar ini, selain untuk menggali potensi kader muda pra MTQ dan mencari bibit-bibit muda baru, juga sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke 71 dan HUT Kemerdekaan RI ke 76.

”Nantinya juara pertama dan kedua akan diikutsertakan pada MTQ tahun 2022 di Kecamatan Mataraman,” katanya.

Musabaqah yang sudah dilaksanakan, yakni Tartil, Tilawah Golongan Anak, Tilawah Golongan Remaja, Qiraat Mujawwad, Khat Golongan Naskah, Khat Golongan Hiasan Mushaf, Khat Golongan Dekorasi, Khat Golongan Kontemporer, Makalah Ilmiah Al Qur’an dan Syarhil Qur’an.

Adapun Terbaik 1 Tartil Putera diraih Gusti Ahmad Naufal dari Pondok Pesantren Hidayatullah. Usai pembukaan lomba dilanjutkan penyerahan bantuan kepada Sanggar Kaligrafi Darul Hijrah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura, berupa uang binaan sebesar Rp5 juta yang diserahkan Wakil Bupati Said Idrus. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya