DLU Siap Layani Penumpang di Momen Nataru 2023

Banjarmasin, KP – PT Dharma Lautan Utama (DLU) menyiapkan 2 unit armada kapal lautnya, KM Dharma Kartika 9 dan KM Dharma Rucitra I untuk melayani penumpang dan angkutan kendaraan bermotor menjelang Natal dan Tahun Baru 2023,

Keduanya merupakan kapal motor dengan fasilitas cukup mewah yang dimiliki oleh armada pelayaran nasional ini. Semua fasilitas diberikan demi kenyamanan penumpang saat menempuh perjalanan jalur laut.

“Kami menyiapkan dua kapal dengan total kapasitas kurang lebih dua ribu orang. Kami perkirakan kedua kapal tersebut cukup untuk melayani penumpang di momen nataru ini,” ungkap Anton Wahyudi, Manajer Cabang PT DLU Banjarmasin, Kamis (8/12).

Anton menambahkan, setiap hari kedua, kapal DLU tersebut secara crossing melakukan pelayaran mulai dari Banjarmasin – Surabaya dan juga sebaliknya.

Saat ini, kata dia, calon penumpang kapal sudah mulai berdatangan ke kantor DLU untuk membeli tiket. Namun, diperkirakan permintaan tiket akan semakin meningkat mulai tanggal 18 Desember nanti.

IMG 20220421 064348
Anton Wahyudi, Manajer Cabang PT DLU Banjarmasin. (Foto : Net)

“Biasanya, pemudik saat natal itu terbagi dua gelombang. Gelombang pertama itu H-7 sebelum natal, sekitar tanggal 18-24 Desember. Kemudian, pada tanggal 25-26 Desember itu penumpang mulai sepi. Lalu, pada gelombang kedua mulai tanggal 27-31 Desember akan ramai lagi,” jelas pria yang dikenal ramah ini.

Anton juga menjelaskan, bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kapal laut diwajibkan sudah mendapatkan vaksinasi booster.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menhub Nomor 83 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), penumpang kapal laut diwajibkan vaksinasi booster. Aturan ini berlaku untuk Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan usia 18 tahun ke atas.

loading...
Penumpang saat akan menaiki kapal milik DLU yang sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Hanya saja, aturan ini diakui Anton dikeluhkan oleh sebagian penumpang yang ingin bepergian lantaran sulitnya mendapatkan vaksinasi booster belakangan ini.

“Banyak keluhan dari pelanggan karena susah mendapatkan vaksin booster. Jangankan di sini, di daerah Jawa juga susah. Tapi, kita terus mencari informasi jika ada pelaksanaan vaksinasi akan segera kita sampaikan juga,” tandasnya.

Di sisi lain, Anton menceritakan, masyarakat menengah ke atas sekarang sudah mulai banyak yang menggunakan kapal laut untuk bepergian atau pun liburan ke pulau Jawa. Selain karena fasilitas kapal yang cukup mewah, mereka juga bisa membawa mobil pribadi untuk jalan-jalan di sana bersama keluarga.

“Sekarang minatnya mulai berubah, banyak yang ingin liburan atau mudik ke Jawa pakai kapal laut. Bahkan, kami catat peningkatannya mencapai 400 persen saat lebaran tahun 2022 tadi dibandingkan sebelum Covid-19,” imbuhnya.

IMG 20221208 123735
Penumpang saat membeli tiket kapal di Kantor Dharma Lautan Utama Banjarmasin.

PT DLU, lanjut Anton, berkomitmen untuk terus meningkatkan fasilitas demi kenyamanan para penumpangnya. Mulai dari menambah jumlah kamar, fasilitas penunjang hingga pelayanan yang prima untuk mencapai standarisasi yang diinginkan.

“Beberapa kapal kita bisa dikatakan sudah cukup mewah. Kalau dulu kapal kita cenderung memiliki kamar yang sedikit, sekarang kapasitasnya sudah ratusan. Jadi kalau masuk itu serasa di hotel,” terangnya.

Untuk harga tiket, Kelas Ekonomi dibanderol Rp 370.000 (dewasa), Rp 290.000 (anak), Rp 45.000 (bayi). Sementara untuk Kelas III Rp 410.000 (dewasa), Rp 310.000 (anak), Rp 50.000 (bayi). Kemudian, untuk Kelas I Rp 450.000 (dewasa), Rp 370.000 (anak), Rp 60.000 (bayi). Dan harga tiket untuk VIP seharga Rp 565.000. (Opq/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya