Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Dewita dan Jayusman Asal Kalsel Ikuti Wisuda Green Leadership Indonesia Angkatan ke-3 di Jakarta

×

Dewita dan Jayusman Asal Kalsel Ikuti Wisuda Green Leadership Indonesia Angkatan ke-3 di Jakarta

Sebarkan artikel ini
Dua wakil asal Kalsel, Dewita Renowati dan Ramadhan Jayusman bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. (Kalimantanpost.com/Repro SBI Indonesia)

JAKARTA, Kalimantanpost.com. – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, mewisuda 270 pemuda dari berbagai daerah di Indonesia. Para wisudawan ini merupakan peserta Pelatihan dan Pendidikan Green Leadership Indonesia ( GLI ) angkatan ke- 3 di Jakarta, Senin (4/3/2024 ).

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan wisudawati atas peresmian pelantikan, hari ini sebagai kader pimpinan GLI, dan selanjutnya nanti saudara-saudara akan bertindak sebagai green ambasador Indonesia,” kata Siti Nurbaya dalam pidato sambutannya.

Android

Para wisudawan dan wisudawati GLI kelak diharapkan akan menjadi pemimpin muda dengan perspektif keadilan sosial dan ekologis yang kuat. Perspektif ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia dan dunia, baik saat ini maupun di masa mendatang.

“Para alumni GLI mengambil peran yang sangat penting untuk memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan dan kelestarian dalam bentuk pengarusutamaan isu keadilan sosial dan keadilan ekologis dalam institusi atau komunitas mereka di mana mereka akan lahir sebagai pemimpin masa depan bangsa,” ucap Siti Nurbaya

Dari 270 peserta yang diwisuda oleh Menteri LHK Siti Nurbaya terdapat dua pemuda dari Kalimantan Selatan (Kalsel), yaitu Dewita Renowati dan Ramadhan Jayusman.

Kedua sosok pemuda ini, merupakan aktivis lingkungan dan alumnis mahasiswa MIPA Biologi Universitas Lambung Mangkurat ( ULM ) Banjarbaru.

“Hari ini merupakan hari yang berbahagia bagi saya, karena baru saja tadi saya diwisuda oleh ibu Siti Nurbaya, menteri LHK digedung Manggala wanabakti – Jakarta. Semoga capaian ini bermanfaat bagi saya dan masyarakat serta lingkungan “, jelas Dewita sebutan akrab perempuan pegiat lingkungan ini.

Lebih lanjut Dewita mengatakan, ia akan terus bekerja keras melakukan perbaikan lingkungan, dengan terus menanam pohon mangrove riparian dikawasan Mangrove Rambai Center – Anjir Muara – Barito Kuala, yang ia kelola bersama timnya.

Baca Juga:  Soal Kemarau, Masyarakat Diminta Bijak

“Program restorasi ini juga ditujukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam penurunan emisi gas rumah kaca, serta mitigasi bencana iklim,” ucapnya.

Sementara itu, Ramadhan Jayusman staf Badan Pengelola Meratus Geopark. Merasa beruntung mendapat kesempatan mengikuti Pelatihan dan Pendidikan Green Leadership Indonesia (GLI) angkatan ke- 3, yang pada hari ini juga turut diwisuda bersama wisudawan dari seluruh Indonesia.

Seperti Dewita, Jayus juga aktivis pegiat lingkungan, yang mengelola Taman Biodiversitas Hutan Hujan Tropis dikawasan Lembah Bukit Manjai – Mandiangin – Kabupaten Banjar.

“Sesuatu yang patut saya syukuri, hari ini bisa berada digedung Manggala wanabakti – Jakarta. Untuk mengikuti prosesi wisuda Green Leadership Indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi positif bagi generasi muda lainnya untuk peduli terhadap lingkungan,” kata Jayusman. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan