Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITABarito Kuala

Satpol-PP, Linmas dan Damkar Berperan Besar Bantu Pemerintah

×

Satpol-PP, Linmas dan Damkar Berperan Besar Bantu Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Peran besar Satpol PP, Linmas dan Damkar dalam membantu pemerintah, hal itu disampaikan Pj Bupati Batola pada Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28, HUT Damkar ke-105, HUT Satpol-PP ke-74, dan HUT Satlinmas ke-62 tingkat Kabupaten Barito Kuala Tahun 2024, di halaman Setdakab Batola, Senin (29/4/2024). (Kalimantanpost.com/Repro humaspemkabbatola)

BATOLA, Kalimantanpost.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan Pemadam Kebakaran (Damkar) memiliki peran besar dalam membantu pemerintah dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, penegakan perda, serta dalam penanggulangan bencana kebakaran termasuk membantu masyarakat terhadap berbagai permasalahan.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola), Mujiyat S.Sn, M.Pd pada peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28, HUT Damkar ke-105, HUT Satpol-PP ke-74, dan HUT Satlinmas ke-62 tingkat Kabupaten Barito Kuala Tahun 2024, di halaman Setdakab Batola, Senin (29/4/2024).

Khusus Satpol-PP dan Satlinmas, papar Pj Bupati Mujiyat, saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian mengatakan setidaknya dibuktikan pada pelaksanaan tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif yang telah dilaksanakan 14 Pebruari 2024 lalu.

Dari data pemetaan TPS rawan yang dirilis Bawaslu terdapat 6.904 TPS yang berpotensi rawan gangguan trantibumlinmas, sebut Mendagri, namun pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Pebruari 2024 secara umum terlaksana dengan aman, lancar dan kondusif.

Berkenaan dengan itulah, Mendagri memberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Satpol-PP dan Satlinmas atas dedikasi serta kerja keras dalam mendukung pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 sehingga masyarakat dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman dan tertib.

“Saya berharap Satpol-PP dan Satlinmas dapat bekerja sama dan bersinergi dengan TNI/Polri untuk turut serta menjaga stabilitas keamanan,” harapnya.

Mendagri menekankan seluruh jajaran Satpol-PP dan Satlinmas di daerah agar selalu bersikap proaktif mencermati kondisi dan dinamika di wilayahnya demi menjaga keamanan dengan mengedepankan humanisme di lapangan.

Di kesempatan peringatan tersebut, Mendagri juga menyinggung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan dilaksanakan tanggal 27 November 2024 ke depan. Dalam kaitan itulah melalui momentum peringatan ini Satpol-PP dan Satlinmas diharapkan dapat dijadikan sebagai refleksi untuk konsisten menjaga situasi kondusif di daerah masing-masing.

Baca Juga:  Selama Empat Hari, 16 Pasien Dibawa ke UGD, Dewan Prihatin Bahaya Narkoba di HSU

“Saya yakin pengalaman Pilkada sebelumnya serta pemilu akan menjadi landasan yang kuat dalam menjalankan tugas-tugas secara efektif dan profesional,” tutupnya.

Peringatan HUT Satpol-PP, Satlinmas, Damkar, dan Otda ini dirangkai dengan penampilan Tari Kreasi Srikandi dari para wanita anggota Satpol-PP Batola serta atrasi penangkapan hewan melata dan ular berbisa dari para petugas Damkar yang disaksikan langsung Pj Bupati Mujiyat, para anggota Forkopimda, para pimpinan SKPD dan para ASN lingkup Pemkab Batola.(agung/KPO-3)

Iklan
Iklan