Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
ADVETORIALBanjarmasinLensa BanjarmasinTRI BANJAR

Atasi Kemacetan Pasar Lama Laut, Pemko Banjarmasin Mulai Galakkan Normalisasi Jalan

×

Atasi Kemacetan Pasar Lama Laut, Pemko Banjarmasin Mulai Galakkan Normalisasi Jalan

Sebarkan artikel ini
NORMALISASI JALAN- Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan kota Banjarmasin, Slamet Begjo, Kepala Satpol PP kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin, Camat Banjarmasin Tengah, Maslun, serta jajaran SKPD terkait saat bersama-sama menggalakan normalisasi jalan. (KP/Diskominfotik)

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perhubungan dan Satpol PP menggelar apel gabungan sekaligus sosialisasi normalisasi jalan Pasar Lama Laut, yang berlangsung di kawasan Pasar Lama, Senin (20/05).

Apel dipimpin Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan kota Banjarmasin, Slamet Begjo, Kepala Satpol PP kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin, Camat Banjarmasin Tengah, Maslun, serta jajaran SKPD terkait.

Wali Kota Banjarmasin menghimbau masyarakat dan para pedagang di sekitar Jalan Pasar Lama Laut untuk mendukung upaya normalisasi jalan yang akan segera dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Ia menyampaikan pentingnya pemulihan fungsi jalan demi kenyamanan dan kelancaran akses di wilayah tersebut.

“Pertama, saya menghimbau kepada masyarakat di seputaran Pasar Lama, terutama Jalan Pasar Lama Laut, termasuk juga para pedagang. Hari ini kita akan melaksanakan Surat Peringatan Kedua (SP2), agar proses normalisasi Jalan Pasar Lama Laut ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Ibnu Sina.

Rencananya, Pemerintah Kota akan mengeluarkan surat peringatan ketiga (SP3) pada hari Kamis, dan akan dilanjutkan dengan penertiban secara menyeluruh pada hari Senin (27/05). Ibnu menekankan, bahwa petugas Satpol PP, Dishub, serta ketua RT dan RW setempat akan memberikan informasi tersebut kepada masyarakat dan para pedagang secara persuasif dan humanis.

“Kami menyampaikan kepada para petugas kita, Satpol PP, Dishub, dan juga pak RT, pak RW agar memberikan informasi ini secara persuasif humanis kepada masyarakat dan juga para pedagang. Ini untuk kebaikan kita bersama karena fungsi jalan itu sangat vital. Selama ini, jalan diambil oleh pedagang untuk berjualan, sehingga kita perlu mengembalikan fungsinya,” tambahnya.

Kemudian, ia juga menegaskan bahwa normalisasi itu dilakukan untuk memastikan tidak terjadi kemacetan dan konflik selama proses berlangsung. Fungsi jalan yang kembali normal diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kelancaran lalu lintas di kawasan tersebut.

Baca Juga:  Lilik Sujandi Sampaikan Aplikasi SIHARMON dan Program Desa Sadar Hukum di DPRD Kalsel

“Jika jalan ini berfungsi dengan baik, tentu kenyamanan kita juga akan meningkat. Akses dari Jembatan Pasar Lama ke Sungai Jingah bisa melalui Jalan Pasar Lama Laut atau Jalan Sulawesi. Jalan Sulawesi itu perempatan lampu merah dan kadang-kadang terjadi kemacetan karena akses jalannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ujarnya bahwa target jangka panjang adalah memindahkan pedagang kembali ke dalam Pasar Lama. Namun, pemerintah juga mempertimbangkan keluhan para pedagang yang menganggap jualan di pinggir jalan lebih menguntungkan.

“Sebetulnya target keseluruhan itu nanti mereka masuk ke Pasar Lama kembali, tapi kita juga memberikan kesempatan bagi mereka yang memang secara aturan berjualan di situ. Kita juga menyiapkan kantong-kantong parkir agar masyarakat bisa berbelanja dengan nyaman di pasar,” pungkasnya.

Terakhir, dirinya berharap program normalisasi jalan itu dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta mendapatkan dukungan dari seluruh pihak terkait untuk kebaikan bersama. (Diskominfotik/K-3)

Iklan
Iklan