Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Ketua Komisi VIII DPR RI Minta Agar Haji Ramah Lansia Bukan Sekedar Stiker

×

Ketua Komisi VIII DPR RI Minta Agar Haji Ramah Lansia Bukan Sekedar Stiker

Sebarkan artikel ini

BANJAR.z- Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi mengatakan agar tagline Ramah Lansia tidak hanya menjadi stiker yang ditempel di berbagai tempat, namun harus dijalankan dengan sepenuh hati.

Hal ini disampaikannya pada acara pelepasan keberangjatan jemaah haji Kloter 8 dari Batola, Banjarmasin dan Palangkaraya, Rabu (22/5/2024).

“Walaupun anda disini pejabat namun disana adalah pelayan bagi jemaah haji. Layanilah para tamu Allah ini setulus hati” kata Ashabul.

Menurutnya, petugas haji harus memberikan perhatian lebih kepada jemaah haji lansia sesuai dengan program Kementrian Agama yang menitikberatkan atau memprioritaskan pelayanan ramah lansia.

Hal ini harus diwujudkan oleh para petugas haji dengan tidak menjadi semboyan, tidak menjadi klaim atau hanya menjadi stiker yang ditempelkan pada tempat-tempat penting.

“Benar-benarlah layani jemaah lansia,” sebutnya.

Ashabul Kahfi berpesan kepada jemaah haji untuk tidak memforsir ibadah yang bersifat sunah atau berpergian kesana kemari yang tidak perlu, sehingga dapat menghambat atau tidak bisa melaksanakan syarat utama ibadah haji yaitu berkumpul atau wukuf di Arafah.

Pemberangkatan jemaah haji secara resmi ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh ketua Komisi 8 kepada ketua Kloter 8.

Jemaah Haji Kloter BDJ 08 berasal Kabupaten Barito Kuala berjumlah 203 jemaah, Kota Banjarmasin 10 sebanyak jemaah dari Provinsi Kalimantan Selatan serta 102 jemaah dari Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah.

Jumlah jemaah dan Petugas haji yang diberangkakan pada kloter BDJ 08 sebanyak 315 jemaah dengan 5 Petugas Kloter dan dibantu Petugas Haji Daerah (PHD) dan tidak ada open seat atau kursi kosong.

Jumlah jemaah lanjut usia kloter VIIyang memakai kursi roda berjumlah 12 jemaah.
Jemaah BDJ 08 akan diterbangkan dari Bandara Syamsudinnor tanggal 22 Mei 2024 pukul 17.00 Wita dengan menggunakan pesawat Airbus 340 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA 8108 dan direncanakan mendarat di Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah tanggal 23 Mei 2024 pukul 01.00 WAS;

Baca Juga:  57.184 Pemilih Potensial di Kalsel Belum Miliki KTP

Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin yang akan diberangkatkan melalui Bandara Syamsudin Noor Tahun 1445 H/ 2024 M berjumah 5,759 dengan rincian Jemaah Haji Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 4.071 dan Jemaah haji dari Kalimantan Tengah berjumlah 1.688.

Sementara itu, jumlah Kelompok terbang untuk Embarkasi Banjarmasin berjumlah 19 Kloter.

Selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Husni Thambrin mengucapkan terima kasih terutama kepada Komisi VIII dalam memberikan dukungan dan bantuan untuk Proses Penyelenggaraan Operasional Ibadah Haji Tahun 1445 H/ 2024 M. (mar/KPO-3)

Iklan
Iklan