Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarmasinLensa Banjarmasin

Rangkaian BSF Ke-8, Puluhan Pengrajin Antusias Ramaikan Lomba Motif Sasirangan

×

Rangkaian BSF Ke-8, Puluhan Pengrajin Antusias Ramaikan Lomba Motif Sasirangan

Sebarkan artikel ini
MOTIF SASIRANGAN- Inilah hasil Motif Sasirangan yang dilombakan untuk memeriahkan BSF yang merupakan even tahunan. (KP/Diskominfotik)

Banjarmasin, KP – Sebagai bagian dari event Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) Ke-8, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Disperdagin bekerja sama dengan Dekranasda Banjarmasin menggelar Lomba Desain Motif Sasirangan dengan tema “Pesona Seribu Sungai, di Rumah Anno, Siring Banjarmasin.

Kegiatan itu ditinjau langsung oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, didampingi Ketua Dekranasda, Siti Wasilah, Wakil Ketua Dekranasda, Hj Hardiyanti, Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar, para juri beserta jajaran, pada Senin (24/06).

Ibnu Sina mengatakan, Lomba Desain Motif Sasirangan tersebut diikuti sekitar 47 pengrajin atau peserta yang ada di Kota Banjarmasin. Dari pengamatan beliau, desain motif Sasirangan dari seluruh pengrajin memiliki karya yang sangat bagus.

“Hari ini kita sudah mulai acara lomba motif kain sasirangan dalam rangkaian acara BSF ke-8, sekilas kita melihat ini karyanya bagus-bagus semua,” ungkapnya.

Ia menambahkan, juara dari perlombaan tersebut bakal dijadikan sebagai seragam untuk kegiatan kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) bulan Desember mendatang maupun untuk Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke-498.

“Kemudian juga akan dipromosikan lagi nanti ke tingkat provinsi untuk lomba di Tingkat provinsi di Kalimantan Selatan, mudah-mudahan bisa terpilih yang bagus,” harap Ibnu.

Disisi lain, Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar menyampaikan setiap tahunnya Pemerintah Kota Banjarmasin memang rutin untuk mengadakan Lomba Desain Motif Sasirangan.

“Tahun ini temanya adalah Pesona Seribu Sungai, untuk peserta yang mengikuti itu ada 47 peserta yang mana untuk komposisinya terdiri 32 peserta dari pewarna tekstil atau pewarna kimia dan 15 dari pewarna alam,” terangnya.

Lebih lanjut, Tezar mengungkapkan dalam lomba tersebut akan terpilih 12 pemenang dari masing-masing kategori, sehingga pada tanggal 28 Juni nanti akan dilaksanakan Grand Final hingga pengumuman juara umum bertepatan dengan kegiatan pemilihan putra putri sasirangan di atrium duta mall sehari setelahnya.

Baca Juga:  Air Kiriman Jadi Penyebab Luapan Sungai Martapura

“Untuk total hadiah kurang lebih 33 juta yang akan di bagi untuk 12 pemenang, 6 dari pewarna alam dan 6 dari pewarna tekstil atau kimia,” tutup Tezar. (Diskominfotik/K-3)

Iklan
Iklan