DPRD Bali Berikan Kebebasan Pers

Banjarmasin, KP – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali memberikan kebebasan kepada media untuk konfirmasi maupun keperluan wawancara dengan tujuan mempublikasikan kegiatan dewan atau progres yang sudah dilakukan demi kepentingan masyarakat.

Bahkan juga kemudahan bagi media, baik cetak, elektronik maupun online yang tergabung dalam forum wartawan dewan untuk menemui anggota maupun pimpinan dewan setempat.

“Kami menjalin hubungan cukup baik dengan media, terutama yang bertugas di lingkungan DPRD Bali,’’ kata Kasubag Tata Usaha (TU) Kepegawaian dan Protokol Setwan Provinsi Bali, I Kadek Putra Suantra, pada pertemuan dengan Sekretariat DPRD Kalsel, awal pekan lalu.

Sekretariat dewan memberi kebebasan atau akses untuk menemui komisi, fraksi atau ke pimpinan tanpa ada batasan untuk memberikan informasi kepada publik. ko

“Agar masyarakat mengetahui program yang direncanakan maupun sudah dilaksanakan wakil mereka,’’ tambahnya di Kantor Setwan Bali, Jalan Dr. Kusuma Atmaja Nomor 3, Niti Mandala, Panjer Kota Denpasar, Bali.

Apalagi Provinsi Bali yang mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, sehingga upaya promosi destinasi wisata, kebijakan pemerintah maupun DPRD setempat menjadi perhatian serius.

“Karena media adalah corong informasi kegiatan dewan, produk-produk yang dihasilkan dewan, dan sebagai penyalur aspirasi dari rakyat,’’ ujar Kadek, tanpa merinci anggaran yang dialokasikan untuk media, baik peliputan maupun adventorial.

Kendati demikian, kerja sama dengan media dianggarkan bagi yang meliput kegiatan advetorial atau seremonial, namun tidak semua kegiatan dewan itu dibayar.

“Karena ada keterbatasan anggaran, jadi hanya kegiatan tertentu saja, kita gunakan skala prioritas yang dianggap penting yang dapat dijadikan informasi kepada masyarakat atau publik,’’ jelasnya, didampingi anggota Forum Wartawan Dewan.

Kadek juga menambahkan untuk meningkatkan sinergitas dengan media, pihaknya menyelenggarakan pers tour (kunjungan wartawan) ke luar daerah, yang dilaksanakan satu tahun dua kali, bahkan ia berencana di tahun ini bisa melakukannya tiga kali.

“Kami berjuang untuk bisa melaksanakan pers tour tiga kali dalam setahun jika didukung anggaran dari Sekretaris Daerah, mudah-mudahan rencana ini bisa tercapai,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Kabag TU DPRD Kalsel, Riduansyah mengatakan, kunjungan ke pulau dewata ini bertujuan menimba ilmu pengetahuan baik terkait kebijakan yang diterapkan di DPRD Bali sekaligus komunikasi dengan mitra kerja kepada awak media setempat.

“Study komparasi ini bertujuan menambah pengetahuan setiap personal karena Sekretariat DPRD Bali ini termasuk yang terbaik dalam hal kedewanan,’’ kata Riduansyah.

Dengan perbandingan yang didapat tersebut, Kalsel bisa memperoleh masukan positif untuk diterapkan dalam melayani 55 anggota dewan dari 13 kabupaten kota yang duduk di tingkat provinsi Kalsel.

“Terlebih di Bali ini kan banyak sekali tempat-tempat pariwisata dan Kalsel juga memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan,’’ kata Riduansyah. (lyn/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...