Prof Sutarto : “Bumi Kita Sedang Menuju Kehancuran”

BANJARBARU, KP – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali melaksanakan wisuda ke 93. Bertempat di Auditorium ULM Banjarbaru, Rabu (16/10), sebanyak 1.250 orang diwisuda.

Dari 1.250 orang yang diwisuda terdiri dari 1 orang wisudawan Program doktor (S3), 142 wisudawan program magister (S2), 1.067 wisudawan program sarjana (S1), dan 40 wisudawan program diploma. “Dengan wisuda kali ini ULM sudah meluluskan dua orang dari program doktoral,” jelas Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi.

Pada kesempatan tersebut secara khusus Sutarto mengajak mahasiswa dan civitas akademik ULM untuk melestarikan lingkungan.

Sebab menurutnya bumi sedang menuju kehancuran akibat kerusakan yang semakin parah.

“Bencana alam semakin sering terjadi yang menandakan bumi semakin ringkih. Semua yang terjadi tersebut sebagian besar karena ulah manusia,” ujar Sutarto.

Menurut Sutarto alumni ULM selain bertanggung jawab menjaga nama baik almamater juga bertanggung jawab menjaga lingkungan.

Ditegaskannya, dalam hal menjaga lingkungan tidak hanya tergantung pada pimpinan politik, kepala negara, gubernur, bupati atau wali kota.

“Menyelamatkan bumi dari kehancuran dapat dimulai dari diri kita.

Contoh kecilnya menanam pohon di pekarangan rumah, menyediakan tempat sampah, mengurangi penggunaan kantong plastik, hingga mengedukasi masyarakat tentang sampah organik dan non organik. Saya kira alumni bisa mengambil peran tersebut untuk melestarikan lingkungan,” bebernya.

Sutarto mengaku merasa miris ketika melihat banyak makanan yang mubazir terbuang sia-sia setelah suatu acara selesai dilaksanakan.

Berita Lainnya
1 dari 890
Loading...

Diungkapkannya, satu butir nasi yang sampai ke piring melalui proses yang sangat panjang dan menghabiskan sumber daya yang tidak sedikit.

“Belum lagi sumber-sumber pembentuk kehidupan yang disediakan oleh alam seperti unsur hara, air, oksigen, mineral, sinar matahari dan lain-lain. Ketika makanan kita buang bayangkan berapa banyak unsur alam yang dibuang percuma,” bebernya.

Sementara pada wisuda kali ini wisudawan terbaik program magister diraih Sharifa Emira dari program Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan dengan IPK 4,00, program sarjana diraih Nadiya Dwi Rahayu dari program studi S1 biologi dengan IPK 3,86.

Program diploma diraih Rahmadi dari program studi D3 akuntansi dengan IPK 3,63.

“Saya juga tak menyangka menjadi wisudawan terbaik. Ternyata benar ya,” kata Sharifa Emira.

Dijelaskan, hingga bisa memperoleh nilai itu karena dia bersungguh sungguh dalam dalam berkuliah.

“Saya di ULM ini sebagai mahasiswa tugas belajar.

Saya PNS di Kota Waringin Timur (Kotim) bekerja di Bapedda Kotim.

Saya memilih kuliah di ULM karena paling dekat dan sudah diakui mutunya, terimakasih kepada semua yang telah mendukung saya.

Ke depan saya akan terapkan ilmu yang sudah ada di lokasi kerja saya khususnya dalam bidang lingkungan,” kata Sharifa Emira.(mns/K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya