Sukamta Resmikan 5 Desa Tertib Administrasi Kependudukan

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) H. Sukamta meresmikan sebanyak lima buah desa sebagai Desa Tertib Administrasi Kependudukan (Detak) di Aula Balai Desa Tirtajaya Kecamatan Bajuin, pada Rabu (12/08/2020).

Selaku instansi terkait Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tala telah menetapkan Desa Tirtajaya, Bluru, Bumi Asih. Damit Hulu dan Bumi Harapan sebagai Detak.

Kepala Disdukcapil Tala Hj Noorhayati mengungkapkan bahwa program Detak adalah hasil dari kerjasama Disdukcapil dengan pemerintah desa untuk mewujudkan desa yang tertib administrasi kependudukan.

“Dengan adanya program Detak inidiharapkan seluruh masyarakat desa memiliki kelengkapan Dokumen Kepenudukan dan Pencatatan Sipil, sehingga masyarakat yang memiliki dokumen kependudukan akan lebih mudah berurusan nantinya,”terangnya.

Berita Lainnya
1 dari 221
Loading...

“Kami berharap, desa yang telah ditetapkan, akan benar-benar dapat menjadi contoh untuk desa dan kelurahan yang lainnya, dan kami harap program ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Noorhayati

Sementara itu Bupati Tala Sukamta mengungkapkan sampai akhir kepemimpinannya nanti ia ingin minimal 60 persen desa / kelurahan yang ada di Tala menjadi Detak, “Saya harap sampai akhir kepemimpinan saya di 2023 nanti minimal 60 persen desa kita menjadi Detak, karena ini salah satu perwujudan dari visi dan misi desa dibina,”terangnya.

Lebih lanjut ia pun berharap agar setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memiliki program di desa-desa, ia juga ingin agar desa berperan aktif menjalankan program-program dari pemda.

“Kan ada dana desa yang dananya melebihi dana kecamatan, itu sangat besar dan bisa dilakukan untuk kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan hal lainnya,”harap Sukamta.

Detak untuk lima desa tersebut pun ditandai dengan pembukaan selubung papan nama ke lima desa yang mengikuti program Detak.

Pada kegiatan tersebut turut berhadir para Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala, para camat, Kepala Desa Tirtajaya serta tokoh masyarakat dan agama. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya