Resmikan Rumah Dataku
Nurul Berharap Sebagai Basis Data dan Informasi Desa

Pelaihari, KP – Sebagai pusat intervensi pembangunan di tingkat mikro, Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) merupakan tempat yang berfungsi sebagai basis data dan informasi tingkat desa, oleh sebab itu sangat penting didirikan Rumah Dataku di kampung-kampung Keluarga Berencana (KB) yang telah terbentuk.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Koalisi Kependudukan Tanah Laut (Tala) Hj Nurul Hikmah Sukamta, saat meresmikan Rumah Dataku di Kampung KB Desa Kandangan Baru, Kecamatan Panyipatan pada Selasa (29/9/2020).

Kepala Desa Kandangan Baru Rusdiansyah mengaku bangga karena desanya memiliki Rumah Dataku, “Alhamdulillah kami sangat bangga karena telah memiliki Rumah Dataku, yang mana sebelumnya desa kami juga menjadi Kampung KB,”tuturnya.

Rusdi mengungkapkan dengan adanya Rumah Dataku mempermudah masyarakat dalam mencari data ataupun informasi di tingkat desa.

Berita Lainnya
1 dari 247

Sementara itu Ketua Koalisi Kependudukan Tala Nurul Hikmah ingin pengelolaan Rumah Dataku melibatkan masyarakat setempat, sehingga bisa meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat.

“Masyarakat perlu memahami data secara benar dan belajar agar tidak buta data, ketika masyarakat buta data maka akan berbahaya, karena data menggambarkan kondisi permasalahan di masyarakat jika tepat memaknai data tersebut,”jelas Nurul.

Ketua Koalisi Kependudukan Tala menekankan jika data digunakan tidak lebih dari sekedar aksesoris, maka pembangunan tidak akan berjalan dengan baik. “Dengan adanya Rumah Dataku diharapkan masyarakat akan melek data, karena data yang terkumpul melibatkan partisipasi masyarakat, dimana data dikumpulkan dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri,” tutupnya.

Pada kegiatan tersebut turut berhadir, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) H. Zainal Abidin, Wakil Ketua II TP PKK Tala Hj Rachmalina Dahnial Kifli serta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Panyipatan. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya