Lantik Ribuan Pengawas TPS, Bawaslu : Wajib Jaga Integritas dan Profesionalitas

Banjarmasin, KP – Sebanyak 1.199 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kota Banjarmasin resmi dilantik serentak pada Senin (16/11/2020).

Pelantikannya dilakukan oleh tiap-tiap Panwaslu Kecamatan (Panwascam), di lima tempat berbeda dan dihadiri masing-masing komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin.

Selain itu, pelantikan ini juga digelar secara bertahap dengan waktu yang berbeda. Mengingat, Kota Banjarmasin masih berada dalam bayang-bayang pandemi Covid-19. Alhasil, protokol kesehatan wajib dijalankan pada setiap kegiatan.

Berita Lainnya

PENGURUS PUSAT JMSI DIKUKUHKAN HARI INI

1 dari 1.090

“Hari ini dilaksanakan secara serentak sebanyak 1.199 orang pengawas TPS,” ucap Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Komisioner Bawaslu Banjarmasin, Subhani kepada awak media.

Setelah dilaksanakan pelantikan, lanjut dia, para Pengawas TPS ini nantinya akan menjalani Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait tugas dan wewenang masing-masing di lapangan.

“Selain itu seorang pengawas pemilu hukumnya wajib untuk memegang teguh soliditas yang kuat, integritas yang tinggi, mentalitas teguh dan profesionalitas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam undang-undang disebutkan ada lima tugas PTPS. Pertama mengawasi persiapan pemungutan suara, kedua mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, ketiga mengawasi persiapan penghitungan suara.

“Keempat mengawasi pelaksanaan penghitungan suara. Kelima mengawasi pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS (Panitia Pemungutan Suara),” pungkasnya.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya