Berbeda, Trotoar Jalan Haryono MT Dihiasi Ornamen Banjar

Banjarmasin, KP – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin baru saja menyelesaikan pembangunan fasilitas umum bagi pejalan kaki berupa trotoar di salah satu ruas jalan yang ada di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Jika dilihat lebih teliti, trotoar yang ada di kawasan Jalan Haryono MT tersebut memiliki keunikan tersendiri, seperti dihiasi dengan ornamen banjar dan bermotif sasirangan.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Chandra mengatakan, pihaknya memang sengaja membangun trotoar dengan panjang 300 meter itu dengan desain yang agak sedikit berbeda dari trotoar sebelumnya. Yakni terdapat beberapa ornamen rumah banjar, di kursi dan tempat sampah.

Menurutnya, sama dengan trotoar di Jalan A Yani, sejumlah utilitas dan beberapa fasilitas penunjang juga terdapat di trotoar Jalan Haryono MT, seperti lampu hias dan kursi pengunjung.

“Secara umum mungkin sama saja dari trotoar lain. Cuman sedikit ada ornamen rumah banjar,” ucapnya pada awak media, Jumat (18/12) pagi.

Kemudian untuk akses keluar masuk kendaraan di pertokoan yang ada di area trotoar, pihaknya juga membangun jalan masuk dengan kelandaian hingga 90cm.

Berita Lainnya

Sekda Definitif Terhalang Rekom Gubernur

1 dari 3.557

Ia mengklaim, cara tersebut dilakukan agar mengantisipasi mengantisipasi kerusakan keramik yang ada di trotoar tersebut.

“Intinya trotoar dibangun untuk kenyamanan pejalan kaki, kaum difabel dan kemudahan keluar masuk akses kendaraan di bangunan belakangnya,” tambahnya.

Saat ditanya terkait biaya perawatan dari trotoar itu sendiri, Chandra mengaku, telah menyediakan anggaran untuk biaya perawatan trotoar hingga mencapai Rp 1 M.

“Ada dianggarkan di UPT Pemeliharaan jalan untuk menambal lubang, termasuk juga untuk perbaikan di jalan,” sambungnya.

Ia menjelaskan, pembangunan trotoar di Jalan Haryono MT tersebut memakan biaya sekitar Rp 2,5 M dari APBD Murni 2020.

Tidak hanya sampai di situ, pembangunanya jua akan kembali dilanjutkan untuk sisi seberangnya, dengan perkiraan lebih panjang dari trotoar sebelumnya.

Bahkan anggaran yang dialokasikan pun mencapai Rp 4 M, dari APBD murni 2021.

“Kita akan bangun mulai di daerah seberang hotel Aria Barito sampai belakang gedung Pemko Banjarmasin,” tandasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya