Dua Pekan Berjalan, Vaksinasi Covid-19 di Banjarmasin Baru Capai 19 Persen

Banjarmasin, KP – Setelah berjalan selama dua pekan lebih, program vaksinasi Covid-19 yang dikhususkan bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kota Banjarmasin baru mencapai angka persentase 19%.

Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina usai menghadiri acara peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-95 di gedung baru SMK NU, Jalan Gerilya Ujung, Kelayan B, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Minggu (31/01) pagi.

Orang nomor satu di Kota Baiman itu mengatakan, saat ini capaian program vaksinasi nakes yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin sudah hampir mencapai angka 20%.

“Pencapaiannya lebih dari 19 koma sekian persen, atau hampir mencapai 20 persen,” ucapnya pada awak media.

Ia mengakui, angka tersebut memang masih jauh dari jumlah nakes yang sudah ditetapkan sebagai penerima vaksin. Namun hal tersebut menurutnya adalah capaian dengan jumlah tertinggi di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Jumlah dari persentase itu adalah yang paling tinggi di Kalsel, walaupun persentasenya rendah,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.437

Oleh karena itu. Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi melalui tokoh agama dan tokoh masyarakat termasuk organisasi profesi bidang kesehatan dan non kesehatan.

“Agar kita mempunyai pemahaman yang sama bahwa vaksinasi ini merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan imunitas di dalam tubuh sehingga kebal dalam menghadapi pandemi yang saat ini masih terjadi,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, bahwa yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin adalah tenaga kesehatan yang sudah terdaftar di Kota Banjarmasin.

“Jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksin yaitu 6.590 orang yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Machli Riyadi dalam keterangan yang diterima, Rabu (13/01) yang lalu.

Untuk tenaga kesehatan, kata dia, akan dilakukan penyuntikan sebanyak dua kali sebagai bagian upaya mengendalikan Covid-19 di Kota Banjarmasin.

“Kami berharap seluruh tenaga kesehatan di Banjarmasin sudah siap di vaksinasi,” tambahnya.

Setelah vaksinasi dilakukan untuk tenaga kesehatan, maka selanjutnya akan dilakukan vaksinasi untuk masyarakat umum.

Disamping itu, pihaknya juga telah menyiapkan 38 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk mendukung proses jalannya vaksinasi Covid-19.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya