HATTI Kalsel Bantu Tala Antisipasi Tanah Longsor

Pelaihari, KP – Curah hujan yang tinggi membuat bukit-bukit yang ada di Kabupaten Tanah Laut (Tala) mengalami keretakan pada lereng bukit hingga mengakibatkan longsor.

Pemerintah Kabupaten Tala melalui Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Darurat Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Tala mengundang Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI) Cabang Kalsel, untuk meninjau langsung lokasi yang terjadi longsor di lereng pegunungan yang ada di Kecamatan Pelaihari dan Panyipatan beberapa waktu yang lalu.

Lokasi tanah longsor yang ditinjau yaitu Dusun Keramat, Desa Tungkaran Buah, Desa Guntung Besar (Kecamatan Pelaihari) dan Desa Kandangan Baru (Kecamatan Panyipatan).

Yusti Yudiawati, Ketua HATTI Cabang Kalimantan Selatan (Kalsel) mengatakan bahwa memang titik-titik longsor menunjukan faktor keamanan lereng bukit sudah kurang dari satu yang artinya sudah tidak aman serta retak-retakan tanah sudah cukup banyak dan informasi dari penduduk lokal retakan terus bertambah.

“Setelah melihat langsung ke lokasi longsor serta banyaknya retakan tanah, bisa disimpulkan bahwa lereng bukit yang dibawahnya ada rumah penduduk sudah tidak aman untuk ditinggali,” terangnya.

Berita Lainnya
1 dari 443

Ia menambahkan bahwa untuk antisipasi dini yang perlu dilakukan pada saat terjadinya hujan maupun setelah hujan di daerah rawan terjadinya longsor adalah masyarakat harus menjauhi ataupun tidak berada dilokasi tersebut.

“Disaat terjadinya hujan adalah waktu kritis terjadinya longsor susulan,” terangnya.

Andreas Evoni, selaku Kepala Bidang Pasca Bencana, Satgas Tanggap Darurat Banjir dan Tanah Longsor Kabupaten Tala mengatakan akan menunggu hasil dari Tim HATTI setelah meninjau langsung kelokasi longsor dan retakan tanah untuk mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala, untuk kemudian mengantisipasi bertambahnya korban yang disebabkan oleh bencana tanah longsor yang kemungkinan akan terjadi akibat terdapat banyaknya retakan tanah dilereng bukit.

“Kita tunggu hasil dari HATTI sehingga Pemkab Tala tau apa yang harus dilakukan masyarakat, apa yang harus dibangun serta apa yang harus dipersiapkan sehingga Pemkab Tala akan mendukung apa saja yang direkomendasikan oleh Tim HATTI untuk meminimalisir bertambahnya korban,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat yang berada dilereng-lereng bukit untuk selalu waspada terhadap hujan dengan intensitas ringan maupun berat agar tidak bertambahnya korban akibat terjadinya longsor susulan.

Turut berhadir saat peninjauan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tala dari Komisi tiga Bidang Keuangan dan Insfrastruktur, perwakilan dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya