Tujuh Puskesmas di Bartim Vaksinasi COVID – 19 Untuk Lansia

Tamiang Layang ,KP – Tujuh Puskesmas di Kabupaten Barito Timur telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 secara massal kepada para warga setempat yang sudah lanjut usia.

Yakni tujuh puskemas tersebut Puskesmas Edison Jaar, Puskesmas Pasar Panas, Puskesmas Telang Siong, Puskesmas Dayu, Puskesmas Ampah, Puskesmas Bambulung dan Puskesmas Hayaping.

“Pada vaksinasi massal pada lanjut usia ada pertambahan sebanyak 194 orang sehingga menjadi 603 orang atau meningkat menjadi 4,89 persen dari target sebanyak 12.322 orang,” kata kepala Dinas Kesehatan Bartim dr Jimmi WS hutagalung melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Enikuane, ( 22/5/2021 ) kemaren.

Menurutnya, vaksinasi massal dilaksanakan secara serentak pada tujuh Puskesmas pada Sabtu (22/5) kemarin. Hasilnya, sebanyak 338 orang yang terdiri dari lanjut usia 194 orang, pelayan publik 105 orang, masyarakat umum 36 orang , tenaga kesehatan tiga orang.

Berita Lainnya
1 dari 142

Khusus para lanjut usia diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak , menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Demikian pula setelah vaksinasi tahap kedua nantinya.

Pemkab Bartim melaului Dinas Kesehatan akan terus berupaya untuk mencapai target vaksinasi lanjut usia yang masih sangat rendah capaiannya. Upaya yang dilakukan diantaranya promosi tentang vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia baik secara individu maupun kelompok, secara langsung hingga menggunakan medis sosial.

Menyampaikan kepada masyarat agar bagi masyarakat umum maupun pelayan publik yang bisa membawa dua orang lansia bagi yang bersangkutan bisa langsung di vaksin dengan melihat ketersediaan vaksin.

Dinkes Bartim juga akan bekerjasama dengan pihak TNI-Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kader kesehatan untuk mengajak para lanjut usia, para keluarga yang mempunyai lanjut usia, tetangga lanjut usia agar bersedia untuk divaksinasi COVID-19.

“Sebanyak 12 fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah yakni 11 Puskemas dan RSUD Tamiang Layang melaksanakan vaksinasi lanjut usia setiap hari kerja dan menyesuaikan dengan jam buka aplikasi pencatatan vaksinasi ‘Primary Care’,” jelas Enikuane. (vna/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya